Tokoh Dari Cirebon

Tokoh-Dari-Cirebon-Sunan-Gunung-Jati

Cirebon yang menjadi pusat pemerintahan dan perkembangan Islam di daerah Jawa Barat, memilki tokoh-tokoh yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan perkembangan Cirebon.

Tokoh Dari Cirebon

Apakah anda mengenal tokoh-tokoh sejarah dari Cirebon?

Sebuah sejarah di setiap tempat atau daerah tentu tidak akan pernah lepas dari pernanan para tokoh dalam turut andil menorehkan sejarah.

Dimana akan menjadi bagian dari sejarah untuk dikenang selamanya. Hal semacam inilah yang dialami oleh para tokoh asal Cirebon yang terkenal dengan daerah budaya dan warisan sejarahnya.

Bukan hanya itu, daerah Cirebon juga menjadi saksi bisu perjalanan sejarah dari perkembangan agama Islam di dalamnya. Banyak tokoh-tokoh islam yang berkecimpung untuk menyebarkan agama Islam hingga ke pelosok desa di Cirebon.

Nah, untuk mengetahui siapa tokoh sejarah yang menjadi peradaban di Cirebon, berikut ulasan selengkapnya.

Simak Tokoh Sejarah Dari Cirebon Berikut

1. Pangeran Cakra Buana

Pangeran Cakra Buana adalah salah satu Raja yang memimpin Cirebon untuk pertama kalinya. Beliau termasuk putra mahkota dari Prabu Siliwangi yang merupakan raja dari kerajaan Pajajaran.

Pangeran Cakra Buana rupanya lebih memilih untuk pindah dan masuk islam ke Cirebon. Bahkan beliau ikut membantu pembangunan kota Cirebon dan memangku tahta sebagai salah satu raja pertama di Cirebon dan memiliki pewaris yaitu Nyi Mas Pakungwati.

2. Nyi Mas Pakungwati

Siapa sangka bahwa Nyi Mas Pukungwati merupakan keturunan dari pangeran Cakra Buana yang menjadi satu – satunya pewaris tahta dari Cirebon.

Setelah dirinya, menikah dengan sepupunya sendiri yang bernama Sunan Gunung Jati. Secara langsung Sunan Gunung Jati menjadi Sultan Cirebon yang pertama untuk memimpin sekaligus menyebarkan agama islam secara luas.

Bahkan Nyi Mas Pakungwati juga termasuk salah satu tokoh yang merintis pembangunan masjid Sang Cipta Rasa Cirebon.

3. Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati yang bernama asli Syarif Hidayatullah adalah salah satu anggota Walisongo yang merupakan Sultan Pertama Cirebon. Beliau memiliki peranan penting dalam penyebaran agama islam di Cirebon dan keseluruh Nusantara.

Sunan Gunung Jati menjadi utusan dari walisongo yang berpusat di kerajaan Demak Jawa Tengah. Beliau mendapat tugas untuk syiar dan menyebarkan agama islam di daerah Pasundan yang saat itu dalam kekuasaan kerajaan Pajajaran.

Untuk mengetahui bigrafi sunan Gunung Jati, silahkan kunjungi sumbernya di wisatanabawi.com yang mengulas tentang sejarah walisongo.

Pada masa kepemimpinan Sunan Gunung Jati ini sendiri, perkembangan ekonomi maupun perkembangan ajaran islam semakin pesat. Maka tak heran jika Sunan Gunung Jati dijadikan sebagai salah satu tokoh sentral dalam peradaban masyarakat Cirebon.

4. Ki Gede Wiyong

Ki Gede Wiyong yang merupakan tokoh penting dalam perang kedongdong, yakni perang besar yang terjadi di Cirebon dalam melawan penjajahan Belanda.

Perang kedongdong yang rupanya merugikan Belanda hingga 150.000 Gulden, dan banyak tentara Belanda yang terbunuh. Ki Gede Wiyong termasuk tokoh yang menjadi cikal bakal berdirinya Desa Wiyong yang ada di Cirebon.

Berkat keberhasilan memenangkan pertempuran, maka wilayah desa Kedongdong sebelah selatan berdaulat dan dinamakan Desa Wiyong.

5. Kapten Samadikun

Kapten Samadikun yang termasuk pahlawan laut Cirebon yang melawan kapal perang Belanda, ketika memasuki Cirebon.

Jasanya sangat besar, karena beliau berhasil menyelamatkan kapal perang milik Cirebon dan mampu menghalau Belanda.

Namun neliau wafat tenggelam di laut Cirebon sehingga untuk mengenang jasanya, maka KRI AL milik Indonesia, dinamai dengan KRI Samadikun.

Demikian ulasan tentang tokoh sejarah dari Cirebon yang memilki andil besar dalam perkembangan islam maupun perkembangan ekonomi di Cirebon. Hingga ssat ini Cirebon adalah salah satu kota di jawa Barat yang maju dan rakyatnya sejahtera.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>