Tips Sebelum Membeli Kamera

tips sebelum membeli kamera

Tertarik dengan fotografi dan ingin membeli kamera? Atau justru Anda sudah menabung jauh-jauh hari dan meniatkan untuk membeli kamera?

Ada baiknya Anda memiliki beberapa pertimbangan sebelum membeli kamera. Hal ini untuk mengantisipasi agar Anda tidak salah pilih dalam membeli kamera.

Anda tentu tidak ingin bukan, ketika membeli kamera tapi tidak sesuai ekspektasi Anda.

6 Tips Sebelum Membeli Kamera

1. Bedakan antara kebutuhan atau keinginan.

Hal penting pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kamera ialah memisahkan tujuan pembelian antara perihal kebutuhan atau keinginan.

Jika Anda hanya ingin sekadar membeli kamera saja karena ingin, maka Anda bisa membeli kamera dengan melihat modelnya saja.

Berbeda dengan urusan kebutuhan, jika Anda ingin membeli kamera karena persoalan kebutuhan, maka Anda sebaiknya menyesuaikan dengan list kegunaan kamera tersebut.

Jangan lupa bandingkan harga dengan budget Anda

Bukan hanya dalam urusan pembelian kamera saja, dalam pembelian barang atau produk lainnya pertimbangan soal harga dan budget memang tidak dapat dipisahkan.

Karena jika budget Anda tidak dapat memenuhi harga kamera, tentu saja hal tersebut akan menjadi sesuatu yang amat merepotkan bagi Anda.

Biasakan ketika membeli suatu barang untuk memperhatikan seberapa cukupkah budget Anda dengan harga barang tersebut. Jika Anda memiliki budget tanpa batas, maka harga tersebut tentu tidak akan menjadi masalah bagi Anda.

Akan tetapi, bagaimana jika hal sebaliknya yang justru terjadi?

2. Perhatikan tujuan pembelian kamera.

Pertimbangan berikutnya sebelum membeli kamera ialah dengan memperhatikan tujuan pembelian kamera. Apakah kamera yang Anda beli akan dipergunakan untuk bekerja atau hanya sekadar untuk keperluan sehari-hari saja.

Jika Anda ingin membeli kamera dengan tujuan untuk berwisata atau jalan-jalan, ada baiknya Anda jangan membeli kamera yang memiliki ukuran besar.

Pilihlah kamera yang dapat dengan mudah Anda bawa kemana-mana.

3. Perhatikan kualitas gambar yang dihasilkan.

Perhatikan juga bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu kamera.

Jika Anda berencana untuk mengambil objek bidikan serta mencetaknya dengan ukuran besar dan ingin dipajang, maka sebaiknya Anda memilih kamera dengan kualitas yang tinggi, DSLR atau mirrorless misalnya.

Berbeda halnya ketika Anda hanya ingin menguploadnya di sosial media, maka Anda tidak perlu membeli kamera dengan kualitas gambar yang tinggi.

4. Perhatikan konektivitas kamera.

Hal selanjutnya yang patut Anda pertimbangkan sebelum membeli kamera ialah dengan memperhatikan konektivitas kamera Anda.

Apabila Anda hobi untuk melakukan unggahan foto di sosial media, maka Anda dapat membeli kamera yang memberikan fitur WIFI terbaik. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah mengunggah foto-foto Anda di sosial media Anda.

5. Urusan merk.

Pertimbangan selanjutnya sebelum Anda melakukan pembelian kamera ialah dengan memperhatikan merk kamera.

Merk yang terkenal tentu akan memudahkan Anda dalam mendapatkan produk yang Anda cari. Di samping itu, merk yang populer juga akan memudahkan Anda dalam melakukan perawatan maupun pembelian tools kamera lainnya.

Perihal merk maupun review dari masing-masing kamera, Anda bisa mengeceknya melalui Youtube maupun website review, misalnya rekomended.com. Saat ini rekomended.com mengulas beberapa kamera, seperti DSLR, mirrorless, action, atau kamera digital lainnya.

Di YouTube juga tak kalah banyak, ada beberapa channel yang khusus membahas kamera dan elektronik pada umumnya, tinggal Anda ketik saja “review + nama kamera”,

6. Urusan pergantian lensa.

Di samping keenam hal tersebut, pertimbangan lainnya yang harus Anda perhatikan sebelum membeli kamera ialah dengan memperhatikan pergantian lensa.

Bagi Anda yang ingin gonta-ganti lensa, maka ada baiknya Anda memilih kamera yang memudahkan Anda untuk melakukan pergantian kamera. Akan tetapi, jika Anda tidak suka repot, lebih baik pilih kamera yang standar saja.

Semoga informasi terkait pertimbangan sebelum membeli kamera tersebut dapat bermanfaat bagi Anda.

Selamat mencoba!

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>