Tips Merawat Burung Kenari

Dibanding jenis burung lain, cara merawat burung kenari tergolong mudah. Inilah ulasan lengkap, serta jenis burung kenari dan harganya yang bisa dipelihara.

Untuk kamu yang hendak memeliharanya di rumah, berikut Bosburung akan mengulas cara merawat burung kenari yang sudah dirangkum lengkap seperti berikut ini.

1. Pilih Burung Kenari Sesuai Karakteristik

Pertama kali, pastikan terlebih dahulu maksud tujuan Sobat Pintar dalam memelihara burung kenari.

Jika kamu lebih senang memandang burung kenari dari segi penampilan dan tingkah lakunya, pilihlah kenari yang unggul di segi postur dan warna.

Karena sebagaimana burung pada umumnya, suara kicauan yang dihasilkan oleh kenari jantan berfungsi sebagai daya tarik untuk memanggil kenari betina.

Selain itu untuk burung kenari kicau sebaiknya jangan dipelihara sepasang. Letakkan satu kenari jantan dalam sebuah kandang untuk dapat memancing mereka berkicau.

2. Pertimbangkan Kandang Dan Lokasinya

Seekor kenari membutuhkan kandang dengan ukuran panjang 60 cm dan lebar 50 cm. Jangan lupa sediakan tenggeran sebagai tempat mereka untuk beristirahat.

Letakkan juga tempat makan dan minum pada lokasi yang mudah dijangkau dalam kandang mereka.

Untuk membuatnya aman dan nyaman dalam kandang, ada beberapa kriteria untuk menentukan lokasi peletakkan kandang burung kenari yang tepat

3. Mengatur Asupan Makanan Harian

Jika melihat bentuk paruh dan karakteristik di alam liar, kenari tergolong ke dalam jenis burung pemakan biji-bijian.

Sebagai hewan peliharaan, burung kenari bisa makan voer atau kombinasi biji-bijian dalam kemasan yang sudah diformulasi khusus dengan sejumlah vitamin dan mineral.

Dalam cara merawat burung kenari, sebaiknya jangan memberikan pakan secara berlebihan. Hal ini dapat membuat kenari menjadi kegemukan dan malas bunyi nantinya.

4. Memberikan Pakan Tambahan (Extra Fooding)

Burung kenari juga dapat memperoleh pakan tambahan atau extra fooding (EF), seperti kombinasi buah-buahan, sayuran, dan telur sebagai sumber protein yang diberikan sesekali saja.

Sobat Pintar bisa memberikan sayuran berupa kangkung, bayam, seledri, selada, atau brokoli. Untuk buah-buahan, kenari juga menyukai potongan kecil apel, pisang, atau pepaya.

5. Memberikan Suplemen Tambahan

Cara merawat burung kenari yang diikutsertakan dalam kontes, tentu membutuhkan sejumlah penanganan khusus. Salah satunya adalah dengan memberikan suplemen tambahan.

Suplemen tambahan yang diberikan dapat berupa vitamin dan mineral. Jenis yang diberikan pun tidak jauh berbeda dengan vitamin burung lovebird dan sejenisnya.

6. Rutin Mandi, Jemur, Dan Jaga Kebersihan Kandang

Burung kenari dapat dimandikan dengan cara menggunakan alat semprot (sprayer) atau bak mandi kecil yang diletakkan di dalam kandang.

Memandikan burung kenari sebaiknya dilakukan pada pagi hari, mulai pukul 08.00-10.00. Selanjutnya kamu bisa menjemur burung kenari di tempat yang teduh dan tidak terlalu terik.

Tak lupa juga untuk menjaga kebersihan kandang dengan rutin mengganti dan membersihkan tempat makan dan minum. Bersihkan juga kotoran yang menempel pada dasar kandang.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>