Tips Membuat Proposal Bantuan Dana

Tips-Membuat-Proposal-Bantuan-Dana

Jika Anda saat ini akan memulai usaha tapi terkendala tidak mempunyai modal, sebaiknya Anda melakukan gimana caranya untuk mendapatkan bantuan dana dari investor.

Salah satu caranya yaitu Anda bisa membuat proposal bantuan dana untuk menarik sang investor yang mau bekerja sama dangan Anda.

Namun sudah tahukah Anda gimana caranya membuat proposal bantuan dana yang supaya bisa menarik calon investor target Anda?

Silahkan simak tips berikut ini cara membuat proposal bantuan dana.

Tips Membuat Proposal Bantuan Dana Yang Menarik

Membuat Bab Pendahuluan

Poin yang pertama yaitu tentang pendahuluan, disini Anda harus menceritakan bagaimana latar belakang usaha Anda supaya calon investor nantinya tahu setidaknya usaha yang akan Anda jalani.

Selain itu juga mengenai visi dan misi dari usaha Anda, baik mengenai gambaran kedepan itu bagaimana usaha yang akan Anda jalankan. Setidaknya untuk menyakinkan investor bahwa usaha yang akan Anda jalani kedepan bisa membawa dampak positif juga bagi investor.

Sebagaimana mestinya tentu sang investor tidak mau dana yang sudah di inveskan malah rugi atau dibawa kabur.

Membuat Profil Usaha

Membuat profil usaha ini juga sangat penting, dalam membuat proposal usaha Anda harus mencantumkan jenis badan usaha, nama usaha dan dimana lokasi yang akan Anda gunakan untuk usaha Anda.

Sang investor tentu sangat ingin tahu tentang jenis usaha apa yang akan Anda jalani dan dimana lokasinya, guna untuk melihat peluang-peluang yang ada, seperti potensi pasarnya gimana dan lain-lain.

Membuat Struktur Organisasi Usaha

Membuat proposal untuk pengajuan dana juga tak lepas menjelaskan tentang struktur oraganisasi.

Bagaimana tidak sebuah usaha yang baik itu pasti memiliki stuktur yang baik juga, baik itu dari struktur sistem atau tim yang ada pada usaha Anda.

Jika kalaupun Anda belum mempunyai sebuah sistem, Anda pun juga bisa membuat antara owner dengan karyawan Anda.

Kenapa struktur organisasi harus dibuat? Karena agar terlihat tersusun rapi dalam usaha Anda dan tidak terlihat asal-asalan, supaya bisa yakin calon investor.

Menjelaskan Produk Usaha

Pasti setiap namanya menjalankan subuah usaha mempunyai sebuah produk, baik berupa jasa ataupun barang.

Bagi Anda yang mau membuat proposal bantuan dana sebaiknya dalam menjelaskan produk usaha meliputi, pembuatan produk serta keunggulan produk pada usaha Anda. Baik berupa , proses pembuatannya dan bagaimana kelebihan dari produk kompotitor Anda.

Tentunya calon investor juga ingin tahu apa nilai keunggulan yang ada pada produk usaha Anda untuk bisa menguasai pasar yang ada, sehingga untuk mendapatkan untung.

Menjelaskan Target Pasar

Dalam membuat proposal bantuan dana dalam usaha Anda, maka harus membuat target pasar yang sedang akan Anda target. Misalnya bisa dari segi usia, jenis kelamin, kebiasaan sehari-hari dan daerah atau kota mana saja.

Supaya mendapatkan keyakinan lebih dan tahu bahwa calon investor juga mendapatkan gambaran target tentang usaha yang akan Anda jalani.

Menjelaskan Laporan Keuangan

Poin berikut ini juga penting, yaitu membuat laporan keuangan. Dalam membuat proposal bantuan dana Anda harus menjelaskan secara rinci dan detail terkait laporan keuangan, baik berupa rinci kebutuhan dan laba rugi yang akan didapatkan.

Serta Anda juga harus menjelaskan tentang sistem bagi hasil dengan sang investor, supaya calon investor Anda dapat mengetahui potensi yang ada pada usaha Anda.

Penutup

Dalam membuat penutup untuk proposal bantuan dana Anda harus memilih dengan kata-kata yang tepat baik berupa kata-kata mutiara atau pemungkas untuk meyakinkan sang investor.

Namun tak lupa juga harus mencantumkan kata tentang terimakasih kepada calon investor yang sudah mau membaca proposal bantuan dana yang Anda kirimkan.

Sudah memahami pembahasan poin semuanya, namun masih mengalami kebingungan? Anda bisa melihat referensi contoh proposal pengajuan dana berikut.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>