Tempat Wisata di Karimunjawa

tempat wisata di karimunjawa

Sebelum kalian memutuskan pergi berlibur ke Karimunjawa ada baiknya kalian membuat sebuah wishlist, tempat wisata mana saja yang akan kalian kunjungi di Karimunjawa.

Pasalnya, Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang sangat luas. Ya! Kepulauan, bukan sekedar pulau yang hanya terdiri dari 1 daratan saja. Namun, ada sekitar 27 pulau di sekitar pulau utama Karimunjawa, baik yang berpenghuni, maupun tidak berpenghuni.

Nah, disini kita akan berikan berbagai tempat wisata sebagai referensi kalian sebelum memutuskan untuk berlibur di Karimunjawa.

Simak daftar lengkapnya berikut ini:

Bukit Love

Bukit Love - tempat wisata di karimunjawa

Bukit Love merupakan salah satu destinasi wisata yang iconic di Karimunjawa. Bisa dibilang “belum ke Karimunjawa, jika belum berswafoto disini”.

Nah, sebenarnya apa sih Bukit Love ini? Tidak lain dan tidak bukan melainkan sebuah tempat wisata yang menyuguhkan keindahan pemandangan alam dari atas bukit ini selalu menjadi destinasi.

Disini juga terdapat sebuah tugu yang bertuliskan “Karimunjawa”, sehingga bisa dijadikan spot foto untuk kalian dan bukti bahwa kalian pernah menginjakkan kaki di Karimunjawa.

Pantai Annora

Pantai Annora - Tempat Wisata Karimunjawa

Next, ada Pantai Annora yang juga selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan. Disini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan air laut yang sangat jernih. Dengan begitu, kalian bisa melihat bayangan terumbu karang yang berada di dasar laut dengan mata telanjang.

Selain itu, disini juga terdapat sebuah bukit yang dijuluki dengan sebutan Bukit Annora. Nah, di tempat ini kalian juga bisa berswafoto dengan pemandangan pantai maupun laut dari atas ketinggian.

Untuk memasuki kawasan wisata ini tidak membutuhkan ongkos atau biaya yang mahal. Karena kalian hanya akan ditarik sebesar Rp 5.000 saja sebagai “tiket masuk”. Sangat murah bukan?

Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil - Tempat Wisata Karimunjawa

Aktivitas wajib yang selalu dilakukan oleh banyak wisatawan di Karimunjawa adalah snorkeling dan diving. Nah, dua aktivitas seru ini bisa kalian lakukan di Pulau Menjangan Kecil ini. Mengapa tidak? Di pulau ini memiliki spot terbaik untuk melakukan dua aktivitas tersebut.

Spot snorkeling di Pulau Menjangan Kecil sering dikenal dengan nama Spot Maer. Nah, di spot ini terdapat banyak terumbu karang dan ikan-ikan laut yang sangat cantik. 

Salah satunya adalah ikan badut atau lebih dikenal dengan sebutan ikan Nemo. Tentunya, kalian semua sudah tau dan mengenal jenis ikan ini.

Disini kalian bisa berfoto sepuasnya bersama ikan-ikan tersebut, tentunya dengan kamera underwater dong ya.

Setelah puas snorkling di Spot ini, kalian bisa melanjutkan mengunjungi Pulau Geleang. Nah, ada apa di pulau ini, simak penjelasannya di bawah ini.

Pulau Geleang

Pulau Geleang - Tempat Wisata di karimunjawa

Pulau Geleang sering dijadikan sebagai tempat singgah di waktu siang oleh kebanyakan wisatawan. Kebanyakan dari mereka bersinggah di pulau ini setelah lelah menikmati keindahan bawah laut Karimunjawa (snorkeling).

Untuk memasuki pulau ini tidak dipungut biaya per orang, melainkan cukup membayar parkir kapal sebesar Rp 50.000.

Nah, di Pulau Geleang ini sering dijadikan sebagai tempat BBQ-an oleh agen wisata Visitkarimunjawa.com bersama rombongan yang memesan paket wisata Karimunjawa. Pasalnya, di pulau ini memiliki suasana yang tenang, damai, dan sejuk. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat istirahat siang.

Pulau Cemara Kecil

Pulau Cemara Kecil - Tempat Wisata di Karimunjawa

Selain Pulau Menjangan Kecil, di Karimunjawa juga ada Pulau Cemara Kecil yang memiliki spot snorkeling yang tak kalah cantik.

Spot di pulau ini dikenal dengan istilah Spot Gosong Cemara. Di sini kalian juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut Karimunjawa yang tak ada duanya.

Selain itu, kalian juga akan disuguhkan pemandangan pantai yang indah, dengan hamparan pasir putih dan angin pantai yang sepoi-sepoi. Pun juga, di pulau ini juga terdapat jajanan ikan asap yang bisa kalian nikmati sembari bersantai.

Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam - Tempat Wisata di Karimunjawa

Nah, tempat wisata terbaik di Karimunjawa yang terakhir adalah Pantai Tanjung Gelam.

Mengapa tempat ini masuk pada urutan terakhir? Pasalnya, banyak wisatawan yang memilih menutup perjalanan wisatanya dengan menikmati keindahan pantai ini.

Di sini dikenal dengan pemandangan sore hari yang sangat indah dan menawan. Terlebih lagi, jika kalian sangat menyukai pemandangan langit sore atau senja, maka Pantai tanjung Gelam adalah tempat wisata yang wajib untuk kalian kunjungi.

Dengan pemandangan siluet perahu nelayan, jajaran pohon kelapa di sepanjang garis pantai akan menambah kecantikan bingkai fotomu.

Itulah enam tempat wisata terbaik di Karimunjawa yang bisa kalian kunjungi. Pertimbangkan dan susun rencana dengan baik sebelum kalian memutuskan untuk berlibur kesini.

Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>