Saung Ranggon Cikarang

Saung-Ranggon-Cikarang

Berwista ke tempat-tempat bersejarah dan sarat akan nilai budaya dapat menambah wawasan kamu tentang sejarah, selain tentunya kebahagiaan dari aktifitas wisata tersebut.

Nah Jika kamu sedang berada di Bekasi, tepatnya di Cikarang, kamu bisa mengujungi salah satu tempat wisata di Cikarang bertema sejarah yang bernama Saung Ranggon sebagai selingan setelah kamu mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Cikarang.

Apa saja yang ada di obyek wisata Saung Ranggon Cikarang?

Silahkan simak dan baca ulasannya berikut ini.

Saung Ranggon Cikarang

Saung Ranggon Cikarang adalah salah satu dari beberapa tempat wisata di Cikarang yang bisa kamu kunjungi.

Setelah berkeliling ke tempat-tempat wisata modern di Cikarang seperti Waterboom Lippo Cikarang, Matador Family Waterpark, dan Taman Central Park Meikarta.

Maka kamu bisa menjadikan Saung Ranggon sebagai tempat wisata terakhir untuk menutup rangkaian perjalanan wisata di Cikarang.

Saung Ranggon Cikarang adalah sebuah bangunan bersejarah yang bentuknya agak mirip dengan gazebo namun ukurannya lebih besar.

Bangunan ini berukuran sekitar 7,6 meter X 7,2 meter dan dibangun agak tinggi dari tanah (sekitar 2,5 meter) untuk menghindari serangan binatang buas.

Dulunya bangunan ini berfungsi sebagai tempat menaruh padi atau hasil pertanian lainnya. Saat ini, Saung Ranggon beralih fungsi sebagai tempat penyelenggaraan acara-acara adat seperti jaipongan, pementasan wayang kulit, hingga acara membersihkan pusaka.

Saung Ranggon Cikarang beralamat di Desa Cikedokan, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Desa ini agak terpencil dari desa-desa lainnya namun memiliki kawasan dengan suasana yang cukup asri dan alami.

Sejarah dan Daya Tarik Saung Ranggon

Secara umum tidak ada yang istimewa dari Saung Ranggon ini selain sejarah yang melatarbelakangi keberadaannya dan keasrian kawasan di sekitarnya.

Bagi kamu yang belum tahu, Saung Ranggon ini konon telah ada sejak abad ke 16 Masehi dengan Raden Abbas sebagai penemunya.

Raden Abbas sendiri adalah seorang pimpinan pasukan kerajaan Mataram yang pernah berjaya pada tahun 1821 dan menjadi kerajaan yang ikut melakukan perlawanan terhadap para penjajah.

Sebelum ditemukan oleh Raden Abbas, Saung Ranggon sebelumnya dibangun pertama kali oleh keturunan raja Jayakarta yakni Pangeran Rangga.

Di area Saung Ranggon ini kamu bisa beristirahan di bawah rindangnya pepohonan yang mengelilingi kawasan tempat saung berada.

Setelah minta izin, kamu juga bisa naik ke dalam saung dan melihat bagian dalam Saung Ranggon dengan lebih leluasa.

Selain itu bagi kamu yang suka berfoto, kamu juga bisa menjadikan Saung Ranggon ini sebagai background foto. Hasilnya tentu akan terlihat unik dan klasik, cukup menarik sebagai kenang-kenangan liburan mu di Cikarang.

Fasilitas Umum Wisata Saung Ranggon

Meskipun bukan merupakan obyek wisata modern, namun pengelola Saung Ranggon telah menyiapkan fasilitas umum yang cukup memadai untuk para tamu ataupun wisatawan yang datang.

Di tempat ini, kamu akan mendapati beberapa fasilitas umum yang cukup penting seperti area parkir, tempat ibadah, kamar mandi bahkan penginapan.

Harga Tiket Masuk Saung Ranggon

Sementara ini untuk berlibur ke Saung Ranggon Cikarang kamu tidak akan dikenai biaya pembelian tiket masuk. Tiket masuk ke Saung Ranggon ini gratis untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hanya saja jika kamu datang menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu wajib membayar retribusi parkir sejumlah beberapa ribu rupiah saja.

Kemudian jika ingin menginap, kamu juga perlu menyewa penginapan yang tersedia di sekitar lokasi obyek wisata Saung Ranggon.

Sebagai selingan dan untuk menambah pengetahuna kamu tentang sejarah, cobalah sesekali berlibur ke tempat-tempat wisata yang bertema sejarah dan memiliki nilai budaya.

Di Indonesia ini ada banyak sekali obyek wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi, salah satunya Saung Ranggon Cikarang ini.

Kalau Anda mau mengrtahui tentang wisata di Cikarang lainnya, silahkan kunjungi sumber artikel ini di wisatabagus.com.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>