Tips Membeli Rumah dengan Penggunaan KPR

tips membeli rumah dengan KPR

Salah satu kendala seseorang tidak memiliki rumah adalah tingginya harga rumah. Namun, Anda jangan khawatir karena kini banyak solusinya.

Misalnya, Anda dapat mengumpulkan uang muka terlebih dahulu untuk mendapatkan kredit KPR di bank. Untuk info selengkapnya, yuk simak tips memiliki rumah  berikut ini.

Menabung untuk Membayar Uang Muka

uang muka pembelian rumah

Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu kendala seseorang memiliki rumah adalah tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar uang muka. Padahal, uang muka menjadi syarat mendapatkan kredit KPR. Anda tidak akan mendapatkan rumah tanpa melakukan kredit ke bank.

Oleh karena itu, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan menabung untuk membayar uang muka. Namun, menabung ini ternyata sulit untuk dilakukan karena habis untuk keperluan sehari-hari. Solusinya adalah dengan menabung saat baru menerima gaji.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur Auto-Debit. Dengan fitur tersebut, rekening Anda akan dipotong secara otomatis dengan jumlah tertentu setiap bulan. Dengan demikian, Anda secara otomatis telah menabung secara reguler.

Sementara itu, uang DP yang perlu Anda siapkan sekitar 15% dari harga rumah. Umumnya harga rumah tersebut ada di angka Rp 500 jutaan. Secara perhitungan kasar, Anda harus menyiapkan uang DP sebesar Rp 75 juta.

Membeli yang Lokasinya Cukup Strategis

lokasi yang strategis

Membeli rumah tapak memang tidak murah, terutama di kota-kota besar, misalnya Jakarta atau Surabaya. Hal ini dikarenakan  harga tanah yang tinggi membuat naiknya harga rumah.

Solusinya bila Anda ingin rumah dengan harga yang lebih miring, yakni membeli rumah yang lokasinya tidak berada di pusat kota.

Namun, bagaimana bila saya tetap ingin berada di pusat kota?

Solusinya adalah dengan membeli apartemen.

Banyak kelebihan membeli apartemen, antara lain adalah harganya lebih murah dibandingkan rumah setapak dan lokasinya strategis karena dekat dengan akses transportasi umum. Misalnya trans Jakarta dan KRL.

Hal penting lainnya, sebagaimana yang direkomendasikan oleh dekadeko.com sebaiknya mencari rumah yang dekat dengan layanan kesehatan, pendidikan, perbelanjaan, dan cukup jauh dari polusi industri.

Program Cicilan Uang Muka

Apabila Anda ingin membeli rumah namun tidak mempunyai cukup uang untuk membayar uang muka, maka Anda dapat mengikuti program cicilan uang muka dalam jangka tertentu.

Anda dapat mencicil uang muka kepada developer, setelah lunas Anda dapat mengajukan kredit KPR ke bank dengan harga sesuai dengan kesepakatan di awal.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu harga beli rumah menjadi lebih mahal apabila Anda mengikuti program cicilan uang muka.

Selain itu, apabila Anda tidak berhasil menyelesaikan cicilan uang muka atau tidak mendapat persetujuan dari bank untuk kredit KPR mak uang Anda akan hangus.

Saran dari kami adalah kumpulkan uang muka terlebih dahulu supaya beban Anda menjadi lebih ringan.

Mengambil KPR Tenor Panjang

Bagi Anda yang berusia masih muda dan ingin membeli rumah, maka dapat mengambil kredit KPR dalam jangka waktu panjang.

Pinjaman KPR yang diberikan oleh bank paling lama adalah 25 tahun.

Bagi Anda yang masih muda dapat memanfaatkan kesempatan ini karena tenor panjang dapat memperkecil cicilan per bulan yang harus dibayar.

Hanya saja, efek dari hal ini adalah bunga yang harus dibayarkan menjadi lebih besar. Di sisi lain pertimbangannya bahwa nilai tanah dan bangunan setiap tahun meningkat sehingga dapat menjadi investasi yang menjanjikan di masa depan.

Kerja di Perusahaan yang Memiliki Fasilitas KPR

Ada perusahaan yang bersedia memberi subsidi untuk bunga KPR kepada karyawan. Salah satu contohnya adalah perbankan.

Oleh karena itu, saat mulai bekerja Anda dapat fokus pada gaji sekaligus fokus pada fasilitas pinjaman yang menawarkan subsidi bunga.

Banyak tips memiliki rumah yang dapat Anda jadikan referensi. Mengingat rumah adalah kebutuhan primer, maka salah satu langkah yang dapat Anda ambil adalah menabung untuk mencicil uang muka. Dengan demikian, Anda dapat mengajukan kredit KPR ke bank dan bisa membeli rumah.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk memiliki rumah. Semoga bermanfaat dan hunian idaman Anda segera digenggaman.

Disclaimer: artikel ini terlepas dari pro dan kontra halal-haram penggunaan KPR. Akan tetapi, mengacu pada situs umm.ac.id yang mengatakan bila akadnya murabahah maka penggunaan sistem kredit boleh.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>