Perbedaan Purin dan Pirimidin

Perbedaan Purin dan Pirimidin

Purin dan pirimidin adalah basa nitrogen dalam DNA dan RNA yang membentuk dua jenis dasar nukleotida. Keduanya berbeda satu sama lain, perbedaan purin dan pirimidin cukup banyak walaupun mereka saling berhubungan satu sama lainnya.

Pengertian Purin dan Pirimidin

1. Purin

Purin adalah senyawa organik aromatik heterosiklik, yang terdiri dari empat atom nitrogen dan dan dua cincin nitrogen karbon dimana cincin pirimidin menyatu dengan cincin imidazol.

Purin ini dapat membentuk dua dari empat nukleobasa dalam DNA dan RNA yaitu adenin dan guanin. Untuk dapat mengingatnya anda perlu menghafal Pure As Gold (Pur AG) -> Purin adalah Adenin dan Guanin.

Purin dikenal untuk bertindak sebagai molekul prekursor dalam sintesis senyawa kimia seperti kafein, teobromin, teofilin, dan masih banyak lagi.

Titik leleh dan titik didih dari purin lebih tinggi daripada pirimidin. Karena molekul purin sangat kompleks dan berat dan juga purin sangat berpartisipasi dalam jumlah yang lebih besar dari reaksi molekul.

Purin akan meleleh pada titik leleh hingga mencapai 214 °C, 487 °K, dan 417 °F. Interaksi antar molekul purin juga lebih banyak dibandingkan dengan pirimidin dengan rumus molekul C5H4N4 dan termasuk ke dalam molekul prekursor.

2. Pirimidin

Pirimidin adalah senyawa organik aromatik heterosiklik, yang menyerupai piridina dan benzena yang terdiri dari dua atom nitrogen pada posisi pertama dan ketiga dari cincin enam anggota dan satu cincin karbon nitrogen. Hal ini disebut dengan isomerik dengan dua bentuk diazine lainnya.

Pirimidin ini membentuk basa yang lain dalam DNA dan RNA yang tidak dapat dibentuk oleh purin yaitu sitosin, urasil (RNA), dan timin (DNA).

Untuk dapat mengingatnya anda perlu menghafal CUT the Py -> CUT (Sitosin, Uracil, Timin) Py (Pirimidin).

Titik leleh dan titik didih dari pirimidin lebih rendah daripada purin. Pirimidin sudah meleleh jika hanya terkena suhu 20 – 22 °C.

Interaksi antar molekul pirimidin juga lebih sedikit dibandingkan dengan purin dengan rumus molekul C4H4N2 dan tidak termasuk ke dalam molekul prekursor.

Persamaan Purin dan Pirimidin

  1. Jenis senyawa dari purin dan pirimidin sama yaitu senyawa organik aromatik heterosiklik.
  2. Purin dan pirimidin berfungsi sama yaitu
  • Produksi dari DNA dan RNA.
  • Regulasi enzim.
  • Protein dan pati.
  • Pensinyalan sel.

Perbedaan Purin dan Pirimidin

Sudah kami rangkumkan dalam tabel berikut ini perbedaan antara purin dan pirimidin dari Yuksinau.id agar kalian dapat dengan jelas mengetahuinya.

Perbedaan Purin dan Pirimidin
Pembeda Purin Pirimidin
Pengertian Purin adalah senyawa organik aromatik heterosiklik, yang terdiri dari empat atom nitrogen dan dan dua cincin nitrogen karbon dimana cincin pirimidin menyatu dengan cincin imidazol. Pirimidin adalah senyawa organik aromatik heterosiklik, yang menyerupai piridina dan benzena yang terdiri dari dua atom nitrogen pada posisi pertama dan ketiga dari cincin enam anggota dan satu cincin karbon nitrogen. Hal ini disebut dengan isomerik dengan dua bentuk diazine lainnya.
Fungsi 1.   Produksi dari DNA dan RNA.

2.   Regulasi enzim.

3.   Protein dan pati.

4.   Pensinyalan sel.

1.   Produksi dari DNA dan RNA.

2.   Regulasi enzim.

3.   Protein dan pati.

4.   Pensinyalan sel.

Simbol L R
Struktur Berisi empat atom nitrogen dan dan dua cincin nitrogen karbon. Dimana cincin pirimidin menyatu dengan cincin imidazol. Berisi dua atom nitrogen dan satu cincin karbon nitrogen.
Jenis Senyawa Senyawa organik aromatik heterosiklik. Senyawa organik aromatik heterosiklik.
Nukleobasa Adenin dan Guanin Urasil, Timin, dan Sitosin
Titik Leleh 214 °C, 487 °K, dan 417 °F 20 – 22 °C
Titik Leleh dan Titik Didih Lebih tinggi, karena molekul purin sangat kompleks dan berat.

Purin juga sangat berpartisipasi dalam jumlah yang lebih besar dari reaksi molekul.

Lebih rendah
Rumus Molekul C5H4N4 C4H4N2
Interaksi antar Molekul Lebih banyak Lebih sedikit
Molekul Prekursor Iya Tidak
Nomor CAS 120 – 73 – 0 289 – 95 – 2 Y
Massa Molar 120.11 g mol-1 80.088 g mol-1
SMILES c1 c2 c (nc[nH]2) ncn1 C1 = CN = CN = C1
MeSH Purin Pirimidin
PubChem 1044 9260
Sintesis di Lab Sintesis Purin Traube Reaksi Biginelli

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan purin dan pirimidin yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

 

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>