Penyebab Server Website Down yang Harus Kamu Ketahui

Tiba-tiba website yang kamu miliki tidak dapat diakses? Bingung harus apa yang dilakukan karena tidak tahu penyebabnya. Di posisi ini, kamu pasti merasakan yang namanya bimbang, gelisah, tidak tenang dan panik. Wajar, tapi sebenarnya tidak usah panik.

Kenapa? Karena jika sebelumnya website kamu bisa diakses dan tidak ada masalah, itu tandanya bahwa server yang kamu gunakan ada kemungkinan down. Banyak faktor yang bisa menyebabkan server website down.

Penasaran seperti apa? Jangan kemana-mana, mari simak ulasan berikut ini yang akan kami bahas secara rinci.

Banyaknya Pengunjung/Trafik

Salah satu penyebab website down adalah banyaknya pengunjung yang masuk ke website tersebut. Dikarenakan sudah melebihi ketentuan kapasitas server dan akhirnya website tersebut akan down.

Apabila website kamu tiba-tiba down, pastikan periksa dulu apakah penyebabnya dari banyaknya trafik yang masuk atau ada penyebab lainnya.

Setelah diperiksa dan ternyata memang benar penyebabnya dari banyak pengunjung yang mengakses website tersebut, silahkan upgrade server atau hosting yang lebih tinggi.

Sebelum kamu meng-upgrade server atau hosting, pastikan terlebih dahulu spesifikasi yang sesuai dengan performa yang nantinya kamu gunakan. Jika memungkinkan untuk performa website yang lebih baik, maka ganti dengan server atau hosting tersebut.

Kini banyak platform yang menyediakan layanan hosting dan server, silahkan googling saja mana produk yang tepat untuk keperluan website kamu.

Adanya Serangan Hacker

Selain dari banyaknya pengunjung, penyebab server website down lainnya bisa dari serangan yang dilakukan oleh hacker. Salah satu contoh serangan yang sering membuat server website down adalah serangan DDOS.

Selain serangan DDOS, ada juga beberapa teknik yang dilakukan oleh hacker yang mana teknik tersebut bisa mengakibatkan website menjadi down.

Oleh karena itu, kamu sebagai pemilik website harus bisa menerapkan sistem keamanan yang tinggi. Hal ini demi menanggulangi adanya virus-virus yang masuk dari serangan hacker.

Jika kamu menggunakan CMS seperti wordpress, silahkan cari plugin keamanan website yang paling rekomendasi. Misal seperti wordfence, rechaptca, akismet dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya apa saja plugin yang harus kamu pasang, silahkan cari saja di google dengan mengetikkan kata kunci “Plugin keamanan untuk wordpress”.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cloudflare untuk menangkal serangan yang dilakukan oleh hacker

Masalah Pada DNS Server

Ada yang tahu apa itu DNS? DNS adalah sistem operasi yang berfungsi untuk membantu manusia dan komputer untuk saling berinteraksi, oleh karena itu keberadaan DNS ini sangat penting untuk performa website.

Jika web server keadaan normal namun website tetap tidak bisa diakses, hal ini disebabkan karena adanya masalah pada DNS server.

Jika sebelumnya kamu tahu DNS yang mengakibatkan server dan website tidak bisa terintegrasi sehingga website tidak bisa diakses.

Oleh karena itu, silahkan periksa terlebih dulu DNS website yang terpasang sudah benar dan sesuai belum.

Data Center Down

Data center akan terus beroperasi dan di dalam data center itu ada beberapa bagian, diantaranya seperti backup data, sinkronisasi, sampai proses pengolahan data.

Terkadang bagian-bagian ditu bisa menyebabkan data center mengalami masalah, yang mana masalah tersebut bisa menyebabkan server website down.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Biasanya penyedia layanan hosting atau server akan mengatasi masalah tersebut dengan cepat, karena mereka sudah memiliki tim khusus untuk permasalahan ini.

Oleh karena itu, gunakanlah penyedia layanan hosting terpercaya supaya disaat ada masalah seperti ini bisa selesai dengan baik, tanpa harus menunggu waktu yang lama.

Kalimat Penutup: Demikian ulasan mengenai penyebab server website down yang bisa kami bahas. Semoga dengan adanya artikel ini sangat bermanfaat untuk kita semua.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>