Penyebab Rantai Motor Kendor

penyebab rantai motor kendor

 

Rantai adalah bagian motor yang berfungsi untuk menyalurkan daya putar mesin ke roda belakang agar dapat berputar. Berbicara soal fungsi rantai pada sepeda motor ini sangat vital, tapi sering kali banyak orang-orang yang selalu lalai dalam merawatnya.

Alhasil rantai tersebut lebih sering cepat kering dan kendor, oleh karena itu di sini saya akan berbagi pengetahuan kepada sahabat otomotif yang sedang mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Biasanya rantai yang kering bisa memberikan dampak buruk ke bagian lainnya, misal seperti rantai kendor dan gear motor cepat habis. Kok bisa? Ya tentu saja bisa, rantai yang kering bisa memelarkan bagian rantai, kemudian gesekan antar rantai dengan gear pun akan semakin banyak.

Selain itu, rantai yang kendor bisa mengeluarkan suara berisik pada bagian rantai, hal tersebut tentu saja sangat mengganggu para pengendara. Bukan begitu?

Lantas apa saja penyebab rantai motor sering kendor? Berikut ulasan lengkapnya.

Penyebab Rantai Motor Kendor

Banyak faktor yang bisa membuat rantai motor cepat kendor, misal seperti ini..

1. Cara Mengencangkan Rantai tidak Benar

Penyebab rantai kendor yang pertama bisa dilihat dari cara mengencangkan rantainya, jika kamu mengencangkan rantai dengan cara yang tidak benar, maka rantai motor pun akan cepat kendor.

Maka dari itu, ketika sedang mengencangkan rantai, kamu harus memastikan antara jarak kanan dan kiri arm motor harus presisi. Bagaimana jika berbeda? Jawabannya adalah, bisa membuat gear bagian belakang dan depan jaraknya tidak akan sesuai.

Selain itu, kamu juga harus mengatur kencang dan renggangnya rantai yang telah disesuaikan oleh pabrikan sepeda motor. Biasanya, keterangan kencang atau kendornya rantai ada di sticker di bagian swing-arm.

Diusahakan dalam pengencangan rantainya harus benar-benar pas. Bila setelan rantai terlalu kencang, maka akan terasa berat ketika digunakan pada kecepatan tinggi.

Setelah selesai menyetel rantai dan menemukan settingan yang pas, kamu juga harus memastikan bahwa baut-baut penyetel rantai ini harus benar-benar kencang, karena fungsinya sangat berpengaruh terhadap ketetapan pada posisi rantai yang sudah disetel.

2. Rantai Kering

Rantai yang kering pun bisa jadi salah satu penyebab rantai cepat kendor. Maka dari itu, adanya pelumas rantai berfungsi untuk mengurangi terjadinya gesekan antar komponen rantai dan kedua gear depan belakang.

Gambarannya seperti ini, apabila gesekan semakin minim, maka kekuatan untuk saling menarik pun menjadi kecil. Oleh karena itu, kamu harus bisa benar-benar merawat kualitas rantai agar tetap prima dengan cara selalu rutin memberi pelumas terhadap bagian rantai motor.

Jika kamu jarang mengolesi pelumas terhadap rantai, maka rantai pun akan kering dan gesekan antar gear dengan rantai pun semakin besar. Hal ini tentu saja bisa membuat rantai motor cepat kendor.

Memang, mengolesi pelumas paa rantai ini kerap membuat sisi-sisi bagian velg dan arm cepat kotor dikarenakan terkena ciptratan dari pelumas tersebut.

Lantas bagaimana solusinya?

  1. Bersihkan terlebih dahulu rantai motor dari debu jalanan yang menempel.
  2. Setelah dibersihkan, bilas dengan air bersih.
  3. Keringkan terlebih dahulu.
  4. Semprotkan atau oleskan pelumas ke seluruh permukaan rantai motor.

3. Muatan Beban Terlalu Berat

Selain disebabkan oleh faktor teknis, rantai cepat kendor pun dapat diakibatkan dari beban muatannya. Bila beban muatan pada motor terlalu berat, maka sangat wajar jika rantai tersebut lebih cepat kendor.

Demikianlah tiga penyebab rantai motor cepat kendor yang bisa saya sampaikan kepada sahabat otomotif.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>