Pelajaran Dasar Agama Islam

Pelajaran-Dasar-Agama-Islam

Usia sekolah dasar merupakan usia yang bagus dalam memperoleh pelajaran dasar khususnya dalam hal beragama. Dengan pelajaran dasar agama Islam, anak-anak dapat menyerap dan memahami pentingnya dasar Islam.

Hal ini akan lebih mudah aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan enam pelajaran dasar agama Islam yang wajib diketahui dan dipahami serta dipelajari sejak masih di sekolah dasar.

6 Pelajaran Dasar Agama Islam

1. Pelajaran Dasar Agama Islam Rukun Iman

Sulit bagi anak-anak dalam membangun fantasi tentang Allah, malaikat, dan rasul, karena sudah tidak dapat diperlihatkan, namun hanya bisa diceritakan kisahnya.

Kepercayaan yang dimiliki oleh anak-anak tentunya sangat tulus jika dapat dijelaskan secara detail dengan agama Islam ini.

Rukun iman merupakan dasar kepercayaan atau keyakinan yang dimiliki seorang muslim. Untuk memberi keyakinan bagi anak-anak, tentunya dapat dimulai dengan menghafalkan terlebih dahulu satu per satu, kemudian dijelaskan dengan perlahan.

2. Pelajaran Dasar Agama Islam Tentang Rukun Islam

Rukun Islam merupakan dasar yang wajib dilakukan bagi seorang muslim. Jika anak-anak telah meyakini rukun iman, maka pelajaran dasar yang dapat diberikan adalah rukun Islam.

Anak-anak dapat dibantu mengucapkan dua kalimat syahadat dengan artinya sehingga lambat laun akan memahami inti dari ke Islaman seseorang.

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya anak-anak sering mendapatkan pelajaran dan kisah tentang shalat, berpuasa di bulan Ramadhan, memberikan zakat, dan melaksanakan ibadah haji.

Beberapa diantaranya bahkan mendapatkan praktik dalam sekolah dasar, seperti praktik shalat dan melaksanakan ibadah haji, serta belajar berpuasa dengan puasa setengah hari.

Dengan praktik langsung seperti ini maka anak-anak akan lebih mudah menyerap pelajaran tentang rukun Islam.

3. Pelajaran Dasar Agama Islam Tentang Rukun Shalat

Shalat termasuk rukun Islam yang kedua. Rukun shalat terdiri dari tiga, yaitu rukun qalbi (hati), rukun qauli (ucapan), dan rukun fi’li (perbuatan).

Ketiga macam rukun shalat ini merupakan tindakan yang harus dilakukan dalam menjalankan ibadah shalat. Shalat merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan syarat sah shalat.

Ketika melakukan shalat hendaknya menghadirkan hati untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kemudian membacakan doa shalat dengan sejelas-jelasnya tanpa ada satupun yang terlewat. Dan melakukan gerakan shalat secara benar sesuai ajaran Rasulullah tanpa menambah atau menguranginya.

Dengan memahami rukun shalat serta bacaan shalat yang benar, maka akan menjadikan anak-anak memahami sejak dini pelajaran shalat. Karena shalat adalah tiang agama.

4. Pelajaran Dasar Agama Islam Tentang Rukun Ihsan

Ihsan merupakan sikap mengerti bahwa Allah selalu mengawasi setiap perbuatan yang kita lakukan. Sehingga dalam hal beribadah seharusnya dilakukan dengan khusyu.

Ihsan merupakan sikap merasa diawasi oleh Allah sehingga melakukan ibadah dengan tekun. Dalam menjalankan kehidupan, tentunya kita memiliki berbagai cobaan yang didesain Allah sedemikian rupa agar menguji tingkat keimanan dan memperbaiki kualitas keimanan kita.

Sehingga dalam aapun situasinya kita harus memiliki sikap ihsan. Ihsan terdiri dari tiga macam, yaitu taqwa, tawakkal, dan ikhlas.

Taqwa dalam hal ini adalah sikap yang harus dimiliki oleh seorang muslim setelah mengimani rukun iman dan rukun Islam.

Kemudian sikap yang harus dimiliki selanjutnya adalah bersikap tawakkal, yaitu usaha yang dilakukan baik dalam bentuk doa maupun dalam bentuk upaya fisik. Sedangkan ikhlas merupakan sikap merelakan sepenuhnya apa yang telah terjadi.

5. Pelajaran Dasar Agama Islam Tentang Puasa

Puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim yang sudah baligh. Dalam puasa ada yang hukumnya wajib dan ada yang hukumnya sunnah.

Untuk puasa yang hukumnya wajib adalah puasa Ramadhan. Puasa Ramadhan adalah puasa yang dikerjakan pada waktu bulan Ramadhan penuh. Mulai tanggal 1 Ramadhan sampai tanggal 30 Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan paling mulia dalam islam, karena pada bulan terdapat hari yang mulia yaitu hari “Lailatul Khadar”.

Dan pada bulan Ramadhan seluruh umat muslim menjalankan puasa dan sholat sunnah Tarawih pada malam hari di bulan Ramadhan. Hanya bulan Ramadhan inilah waktu dilaksanakannya sholat Tarawih.

Selain melaksanakan puasa wajib bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah.
Puasa sunnah memiliki manfaat yang luar biasa sebagai penyempurna ibadah puasa wajib.

Simak beberapa puasa sunnah dan niatnya yang dikutip dari wisatanabawi.com.

Beberapa puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah adalah:

  1. Puasa Sunnah Syawal.
  2. Puasa Sunnah Arafah.
  3. Puasa Sunnah Asyura.
  4. Puasa Sunnah Sya’ban.
  5. Puasa Sunnah Daud.
  6. Puasa Sunnah Senin Kamis.
  7. Puasa Sunnah Ayyamul Bidh.

Dengan mengetahui puasa wajib dan puasa sunnah ini diharapkan anak-anak akan memahami niat dan pengetahuan tentang puasa.

6. Pelajaran Dasar Agama Islam Tentang Kiamat

Kiamat merupakan rukun iman ke-lima. Kepercayaan tentang adanya hari kiamat sejak dini dapat memotivasi diri agar berperilaku baik dimulai dari saat ini.

Adapun hari kiamat dibagi menjadi dua, kiamat kecil dan kiamat besar. Kiamat kecil dapat diartikan sebagai bencana alam yang terjadi di bumi.

Sedangkan kiamat besar merupakan hari dimana malaikat meniupkan terompet yang dapat mematikan semua yang ada di dunia ini.

Dengan pengetahuan tentang hari kiamat, anak-anak dapat mempersiapkan amalan apa saja yang harus disiapkan sebagai bekal hari kiamat.

Amalan yang dapat dilakukan ialah melaksanakan kewajiban shalat lima waktu, membaca Al-Qur’an, memperbanyak qiyamul lail (shalat malam), serta menjaga diri untuk tidak melakukan maksiat.

Enam pelajaran dasar agama Islam untuk anak sekolah dasar ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran dasar agama Islam. Sehingga dapat ditanamkan sejak usia dini dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika dilakukan sejak sekolah dasar, maka ibadah akan menjadi kebiasaan yang akan dilakukan selama terus-menerus.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>