5 Minuman Ini Bisa Jadi Penyebab Kanker

penyebab kanker

Banyak orang hanya mengenal atau mengetahui jenis-jenis makanan yang memicu kanker. Misalnya makanan seperti makanan yang dibakar, makanan yang diawetkan, atau makanan yang termasuk olahan. Padahal, penyebab kanker serviks atau kanker yang lainnya juga bisa berasal dari minuman yang biasa kita minum.

Jika tidak tahu, Anda mungkin akan terkejut setelah tahu apa saja jenis-jenis minuman apa yang berpotensi memicu penyakit kanker. Minum merupakan salah satu kebutuhan yang krusial. Bahkan, anda dapat merasakan sakit, mendapatkan penyakit jika anda tidak minum. Namun, ada beberapa minuman yang perlu dihindari.

Minuman yang Dapat Memicu Kanker

Air keran

Infrastruktur yang ada pada air keran mengalir ke rumah, misalnya pada pipa, mungkin saja sudah mulai menua. Hal ini berpotensi berkarat dan sangat kotor. Selain itu, air keran sangat mungkin mengandung berbagai bahan kimia beracun yang digunakan untuk membersihkan kontaminan berbagai hal biologis berbahaya.

Air dalam kemasan

Hal yang menjadi masalah di sini merupakan sebuah kemasan botol air kemasannya. Botol plastik yang satu ini tidak hanya dianggap sebagai bencana untuk lingkungan, namun juga mengandung berbagai zat kimia berbahaya yang bisa terurai. Salah satu contoh penting yang cukup berbahaya adalah bisphenol-A atau BPA.

Bahan-bahan kimia ini banyak digunakan dalam banyak botol air plastik. Padahal, sudah banyak bukti bahwa kandungan BPA ini mengganggu hormon yang dapat meningkatkan risiko kanker-kanker seperti prostat, payudara, serta ada gangguan metabolisme.

Alkohol

Minum alkohol dengan jumlah berlebihan memiliki sejumlah konsekuensi pada kesehatan, termasuk pada penyakit kanker. Sejumlah penelitian-penelitian menunjukkan berbagai hubungan antara alkohol dan kanker yang terjadi pada kerongkongan, lambung, hati, usus, dan pada payudara.

Meskipun anggur merah dianggap sehat karena ada kandungan antioksidannya, anggur merah ini juga masih mengandung etanol. Sedangkan, etanol adalah pemicu utama kanker yang biasanya ditemukan dalam minuman beralkohol.

CDC pun memberikan rekomendasi agar tidak mengonsumsi lebih dari satu gelas per hari jika Anda seorang perempuan, dan konsumsi dua gelas per hari jika Anda seorang laki-laki.

Minuman Energi

Minuman berenergi yang tersebar di masyarakat mungkin membuat Anda merasa bugar selama beberapa jam. Namun, sebenarnya minuman ini akan menimbulkan kerusakan pada atau di dalam tubuh Anda. Hal ini karena minuman erbuat dari gula, kafein, dan pewarna buatan. Minuman energi pun dapat meningkatkan tekanan darah dan gula darah.

Bahkan, salah satu penyebab orang yang meninggal setelah terlalu banyak minum minuman energi. Hal ini terutama diakibatkan oleh masalah pada organ jantung dan kejang-kejang. Apapun yang dapat melemahkan sistem di dalam tubuh Anda ini dapat memicu munculnya penyakit kanker.

Soda

Seperti minuman berenergi, minuman dengan kandungan soda juga mengandung banyak gula, kafein, dan bahan-bahan yang tak alami lainnya. Salah satunya merupakan kandungan pewarna. Pewarna cokelat yang ada pada minuman cola, yang disebut 4-MeI. Kandungan ini dikenal sebagai zat karsinogen.

Begitu juga dengan soda untuk diet, walau kabarnya tidak mengandung gula, namun mengandung pengganti gula seperti sukralosa, sakarin, atau aspartam. Gula palsu atau pengganti ini diketahui mengacaukan proses-prose metabolisme tubuh. Hal ini menyebabkan lebih banyak lemak disimpan, dan berpotensi menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Tak hanya makanan, mengonsumsi atau minum minuman juga harus diperhatikan. Terutama karena minum merupakan salah satu kegiatan yang harus dipenuhi. Minum memang menjadi kebutuhan utama selain dengan makan jangan sampai menjadi penyebab kanker serviks atau kanker lainnya.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>