Mengenal Garis Bilangan

Garis Bilangan

Garis bilangan adalah representasi visual dari semua bilangan real. Dalam kesempatan kali ini, kita akan belajar bagaimana mengidentifikasi nilai pada garis bilangan. Kami juga akan berlatih penjumlahan dan pengurangan, membiarkan garis bilangan melakukan semua kerja keras.

Apa itu garis bilangan?

Garis bilangan adalah representasi gambar dari bilangan real yang disusun secara rata pada garis lurus. Ini terlihat seperti ini:

Sebagai pengingat, bilangan real mencakup hampir semuanya:
bilangan bulat seperti 7, 15 dan 5.832.622;
bilangan rasional seperti 1/2 dan 6,8;
dan bilangan irasional seperti pi.

Anda dapat memplot semua ini pada garis bilangan.

Apa yang tidak bisa Anda letakkan di garis bilangan? Bilangan imajiner, seperti akar kuadrat dari -1 dan juga tak terhingga. Selain bilangan imajiner, Anda dapat membuat garis bilangan sesuai yang Anda inginkan. Tidak ada ketidakterbatasan di dalamnya.

Garis bilangan memiliki nilai dasar di tengah, yaitu 0. Banyak hal di dunia nyata pun dimulai dari nol. Jadi angka nol sudah tidak asing dianggap sebagai awal atau permulaan.

Di sebelah kanan nilai dasar adalah angka positif. Di sebelah kiri adalah angka negatif. Secara teoritis keduanya menuju kedua arah ke tak terhingga (meskipun tidak pernah mencapai tak terhingga). Ini seperti jalan interstate ke timur dan barat selamanya di bumi. Karena layar atau kertas Anda tidak sebesar bumi, maka kita tempatkan tanda panah di ujungnya yang menunjukkan bahwa garis terus berjalan.

Ketika Anda menggambar garis bilangan, Anda dapat menuliskan angka di atas atau di bawahnya namun sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa membuat garis bilangan bulat antara -5 dan 5. Mungkin Anda ingin pecahan antara -1 dan 1. Mungkin Anda ingin bilangan ganjil. Atau, mungkin Anda seperti Scrooge McDuck yang menghitung kekayaannya dan Anda menginginkan peningkatan dalam jutaan.

Mengidentifikasi Nilai

Terkadang Anda hanya perlu menemukan titik pada garis bilangan. Katakanlah Anda diminta menemukan 4,5 pada baris di bawah ini. Dimana itu? Ya, itu sudah pertengahan antara 4 dan 5, di sini:

Garis BilanganAtau, mungkin Anda akan diminta untuk mengidentifikasi titik pada suatu garis. Misalnya, apa gunanya di bawah ini?

Oke, perhatikan bahwa ada 9 tanda di antara 4 dan 5, jadi masing-masing mewakili 0,1. Ini seperti menemukan titik pada penggaris; Anda hanya perlu mencari tahu apa yang mewakili setiap tanda pagar.

Penambahan dan pengurangan

Garis bilangan sangat digunakan dalam penyelesaian penjumlahan dan pengurangan.

Contoh:

Misalnya Ibu memberikan Ika tujuh buah apel. Jadi, temukan 7 pada baris di bawah ini. Lalu, adiknya minta 5 apel dari Ika. Berapa sisa apel yang dimiliki ika?Penambahan dan Pengurangan

Karena ini adalah pengurangan, kita gambar ke kiri.

Mengapa? Karena ketika Anda mengurangi, jumlah akan berkurang.

Oke, hitung mundur 5. Kita akan peroleh 2.

Jadi, Ika memiliki 2 apel tersisa!

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>