Macam Macam Jurnal

Macam-Macam-Jurnal

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa jurnal juga memiliki macam-macam sesuai dengan jenisnya?

Ternyata jurnal mempunyai beberapa ragam sesuai dengan jenisnya, maka dari itu bagi Anda yang belum mengerti apa saja macam macam jurnal silahkan simak ulasan lengkap dibawah ini.

Setidaknya pada bahasan kali ini akan menerangkan dari macam jurnal ilmiah dan jurnal akuntansi.

Macam Macam Jurnal Akuntansi

Didalam dunia akuntansi semua yang terlibat dalam sebuah transaksi itu sudah termasuk jurnal. Setiap jurnal pun memiliki perbedaan masing masing, sesuai dengan jenisnya. Silahkan perhatikan macam macam jurnal akuntansi berikut ini.

Jurnal Umum

Secara umum jurnal ini merupakan jurnal bagian akuntansi yang harus menjelaskan semua transaksi keuangan.

Dalam melakukan pencatatan jurnal umum ini dilakukan pada periode tertentu atau bisa juga sebagai catatan buku harian.

Jurnal umum juga dilakukan dengan cara yang sistematis. Ada perihal penting yang perlu Anda perhatikan dalam membuat jurnal umum yaitu, Aset, Utang, Modal, Pendapatan, dan Beban.

Jurnal Khusus

Dalam jurnal khusus untuk pencatatan transaksinya harus dikelompokan sesuai dengan jenisnya.

Sangat disarankan bagi Anda seorang pengusaha untuk membuat jurnal khusus supaya bisa menghasilkan pencatatan yang lebih sistematis, dan lebih cepat untuk mengetahui data transaksi pada bisnis Anda, lebih jelas dan terinci.

Macam Macam Jurnal Ilmiah

Jurnal Penelitian

Sudah tidak asing lagi tentunya bagi Anda yang belatarbelakang seorang peneliti tentang jurnal penilitan.

Jurnal penilitan ini bisa diartikan sebagai laporan penilitan, dimana seorang peneliti setelah melakukan sebuah penelitian pasti akan membuat sebuah laporan peneliti. Sehingga jurnal ini digolongkan sebagai jurnal ilmiah.

Jurnal Cetak

Mungkin dari sebagian Anda terdengar asing tentang jurnal cetak. Jurnal cetak pada umumnya hanya digunakan oleh dosen maupun mahasiswa atau peneliti yang akan melakukan penelitian.

Dimana proses jurnal cetak ini meliputi dari awal seleksi hingga lolos untuk bisa dijadikan buku.

Seiringnya perkembangan jaman jurnal cetak mengalami perubahan, yang dahulu dimana jurnal cetak ini mendapatkan akreditasi, namun saat ini tidak.

Setelah munculnya peraturan dari tahun 2016, akreditasi jurnal cetak diganti menjadi jurnal e-journal.

Jurnal Online

Salah satu macam dari jurnal ilmiah yaitu jurnal online, dimana jurnal ini yang meliputi beberapa proses baik penulisan hingga editor untuk bisa menjadi jurnal yang bisa dipublis dan bisa diakses secara online.

Ada beberapa keuntungan pada jurnal online yaitu bisa dilihat oleh siapa saja hingga bisa diakses secara luas.

Dan bagi Anda penulis jurnal online juga lebih mudah dikenal oleh seorang peneliti, mahasiswa atau dosen hingga peneliti yang lainnya dari semua kalangan.

Jurnal Lokal

Macam macam jurnal ilmiah berikutnya yaitu jurnal lokal.

Jurnal lokal adalah jurnal yang ditulis oleh beberapa orang peneliti tetapi masih dari instansi yang sama.

Secara sederhananya yaitu salah satu univestitas dari jogja yang sedang membuat laporan penelitian yang dibuat dalam satu jurnal ilmiah, dimana jurnal kesatuan tersebut dituliskan misal ada 7 orang dari universitas jogja.

Demikianlah pembahasan mengenai macam macam jurnal baik dari jurnal akuntansi dan jurnal umum, semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

 

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>