Macam Macam Cerpen

macam-macam-cerpen

Sudah tidak asing lagi bagi Anda tentunya ketika mendengar istilah cerpen, yaitu cerita pendek yang menarik untuk dibaca dalam keadaan santai atau luang.

Akan tetapi pernahkah Anda memperhatikan dari jenis cerpen yang sering Anda baca? Ternyata cerita pendek sendiri memiliki macam-macam yang sesuai dengan jenisnya.

Teruntuk Anda yang ingin memahami lebih dalam mengenai macam macam cerpen, silahkan simak ulasan ini hingga selesai.

Macam- Macam Cerpen Yang Sering Digunakan

#1. Cerpen Romantis

Jenis cerpen yang paling digemari oleh kalangan remaja yaitu cerpen romantis.

Bagaimana tidak jenis alur cerita pendek ini mendapatkan daya tarik sendiri saat dibaca karena mengandung unsur dunia peremajaan atau percintaan.

Pengarang cerpen dari alur cerita ini memfokuskan pada perasaan pembaca dengan metode pemakaian perkata indah, dan awang- awang ataupun pengandaian di alam mimpi.

Cerpen dari alur cerita ini lebih dominan pada kehidupan anak muda atau remaja, khususnya perempuan, dimana kelompok ini lebih sering mengukur suatu dengan perasaan ataupun intuisi, dibanding otak.

Oleh sebab itu, sebagian orang pada umumnya menyebut cerpen ini bagaikan cerpen cengeng. Tetapi, ada pula cerpen aliran romantis ini yang mengarah kehidupan orang dewasa yang dibuat dengan pengetahuan serta pengalaman. Sebagian karya populer dari cerpen romantis ini, semacam” Les Mirables” karya Victor Hugo serta” Romeo serta Juliet” karya Shakespeare.

#2. Cerpen Surealisme

Jenis cerpen yang berikutnya yaitu surealisme, cerita pendek yang alur ceritanya kontradiksi antara realita dan mimpi, sehingga terbentuk cerita berimajinasi.

Cerpen semacam ini dapat dipahami dengan penggambaran cerita yang cenderung melompat- lompat. Pengarang cerpen menunjukkan logika secara acak, sehingga dibutuhkan sedikit kemampuan untuk pembaca buat menyatukan sendiri pemikiran serta tata bahasa dari cerita pendek itu sendiri.

Para pengarang dari alur cerita ini menuliskan cerpennya untuk mendeskripsikan dunia mimpi dengan realita nyata, namun tidak menarangkan iktikad sesungguhnya.

Sehingga, pembaca leluasa menafsirkan cerpen bersumber pada pemikiran mereka sendiri. Cerpen beraliran surealisme banyak timbul di Perancis pada masa antara Perang Dunia I serta II.

#3. Cerpen Determinisme

Macam macam cerpen berikutnya yang harus Anda ketahui yaitu cerpen determinisme.

Yaitu dimana alur cerpen ini mengarah kepada takdir yang telah dialami.

Pada alur cerita pendek ini berpusat pada takdir, mayoritas para penggemar cerpen determinisme menyangka kalau takdir merupakan sesuatu perihal yang didetetapkan oleh faktor area serta biologis.

Maksudnya, takdir serta nasib itu tidaklah suatu yang didetetapkan oleh Tuhan, melainkan didetetapkan oleh kondisi faktor lingkungan sekitar.

Misalnya saja, kemiskinan yang dirasakan oleh seorang tidaklah diakibatkan oleh Tuhan, namun bisa jadi karena pengaruh dirinya sendiri serta lingkungan sekitar yang dapat memberi pengaruh, seperti malas bekerja dan lain-lain.

Demikian juga dengan watak baik, jahat, sakit yang dialami, serta lain- lain. Ada juga beberapa dari karya cerpen populer yang sejenis dengan alur ceritra pendek ini, yaitu;” Pada Suatu Kapal” karya N. H. Dini, dan “Neraka Dunia” karya Nur St. Iskandar.

Demikianlah ulasan mengenai macam macam cerpen yang dapat Anda pahami, semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan berguna. Jika dirasa ada yang ditanyakan atau sekedar kritik dan saran silahkan berikan komentar Anda dibawah.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>