Macam-macam Asinan

asinan jagung bakar

Salah satu kuliner asal Indonesia yang terkenal enak dan menyegarkan adalah asinan. Buat kamu yang belum tahu asinan, ini adalah salah satu kuliner yang dibuat dengan cara pengacaran atau dengan cara pengasinan yaitu menggunakan cuka atau garam.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat asinan sangat beragam, mulai dari buah-buahan hingga bermacam-macam sayuran. Rasanya tentu asam, manis, pedas, dan menyegarkan bagi siapapun yang menikmatinya.

Asinan ini sangat nikmat ketika dimakan siang hari apalagi cuaca panas dan terik. Biasanya juga dimakan sebagai penutup makan siang.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki makanan khas berupa asinan. Lalu asinan apa sajakah yang ada di Indonesia? Nah Foodnesia akan mengulasnya, yuk mari simak ulasan berikut ini.

1. Asinan Bogor

asinan khas bogor

echaimutenan.com

Bogor adalah salah satu kota yang memiliki ragam makanan khas daerahnya, salah satu yang paling terkenal adalah asinan. Dan asinan bogor ini juga merupakan salah satu asinan yang popular di Indonesia.

Ada dua macam asinan khas bogor ini, yaitu asinan sayuran dan asinan buah-buahan. Untuk asinan sayuran biasanya terdiri dari tauge, kol, wortel, saei, timun, daun antanan, bawang muda, irisan tahu, kacang tanah goreng, serta dilengkapi kerupuk.

Kalau asinan buah-buahan biasanya terdiri dari buah manga muda, kedondong, bengkuang, nanas, salak, papaya, jambu air, ubi merah, dan kacang tanah merah goreng. Jenis buah-buahan yang disajikan ini juga biasanya tergantung pada musim, jadi tidak selalu menyajikan buah-buahan lengkap di atas, hanya beberapa saja.

Kuah yang disajikan pada asinan buah maupun sayuran itu sama saja. Sehingga yang membedakan adalah rasa dari buah-buahan atau sayuran. Tentu hal ini sesuai selera masing-masing, dan sesuai kondisi saja.

Rasa yang paling khas adalah rasa asam, manis, dan pedas akibat campuran dari cuka, cabai, gula, garam, dan cabai. Dan tentunya asinan buah akan sangat menyegarkan jika dinikmati pada siang hari yang sedang panas terik, karena aka nada rasa menyegarkan bagi tubuh kita.

2. Asinan Betawi

asinan khas betawi

tokopedia.com

Betawi juga tidak kalah memiliki makanan khas yang menyegarkan, yaitu asinan. Jika asinan bogor terdiri dari asinan buah dan sayur, maka asinan Betawi ini hanya memiliki satu varian saja, yaitu asinan sayuran.

Biasanya asinan ini terdiri dari sayur kol, tauge, sawi, daun selada, timun, dan tahu yang kemudian sayuran ini disiram dengan bumbu kacang yang khas dan dicampur dengan cuka dan cabai. Sebagai bahan pelengkapnya yaitu ditambah dengan taburan kacang tanah goreng serta kerupuk yang membuatnya semakin nikmat.

Dari bahan dan bumbunya saja sudah kebayang kalau asinan ini memiliki rasa yang asa, manis, pedas, dan menyegarkan.

3. Asinan Rambutan dari Sumatera

asinan rambutan sumatera

resepkuekampung.blogspot.com

Pulau Sumatera terkenal dengan makanan khasnya yang lezat seperti pempek dari Palembang, keripik pisang dari Lampung, Rendang dari Padang, dan lain-lain. Nah ternyata Pulau Sumatera juga punya makanan khas yang menyegarkan yaitu asinan.

Asinan khas Sumatera ini hanya berbahan dasar buah rambutan yang kemudian diberi gula, garam, cabai, serta air jeruk nipis atau jeruk kunci atau jeruk lemon atau limau tergantung keberadaan jeruknya.

Campuran bahan tadi akan menghasilkan rasa asam, manis, dan pedas, yang tentunya akan menyegarkan. Jika buah rambutan sedang tidak musim, maka buah rambutan ini bisa diganti dengan buah kelengkeng dan tentunya akan tetap enak dan menyegarkan.

4. Asinan Gohu dari Manado

asinan gohu manado

masakandapurku.com

Manado juga tidak mau kalah, mereka punya asinan khas yang diberi nama asinan gohu. Asinan ini merupakan asinan yang berbahan dasar papaya mengkel. Seperti halnya asinan lain, bahan dasar pepaya mengkel ini akan diberi garam, gula, air jeruk, cabai rawit, jahe, dan terasi Manado.

Dilihat dari bahan-bahannya, asinan gohu ini akan memiliki rasa yang menyegarkan, yaitu manis, asin, asam, dan pedas. Akan sangat lezat ketika dinikmati saat cuaca panas dan asinan dalam keadaan dingin, uh nikmat!

5. Asinan Jagung Bakar

asinan jagung bakar

dapurmiranti.blogspot.com

Jagung bakar adalah panganan yang enak ketika dimakan saat musim dingin atau saat malam hari. Apalagi dimakan ketika sedang acara camping, tahun baru, atau berkumpul bersama keluarga, pasti nikmat.

Biasanya jagung bakar ini cukup diberi bumbu saur dan mentega, namun, apakah jadinya jika jagung bakar ini dibuat asinan? Hmm jadi bikin penasaran ya.

Nah ternyata di Bogor ada juga asinan yang dibuat dengan bahan dasar jagung bakar. Jagung bakar ini akan dipipil kemudian dicampur dengan kuah asinan yang dibuat dari gula, garam, cuka, dan cabai rawit. Kemudian bisa juga diberi tambahan potongan timun dan kacang tanh goreng sebagai pelengkap.

Tentunya rasanya sangat unik dan campur aduk, namun pasti akan tetap lezat dan menyegarkan.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>