Keimanan Dan Ketakwaan

Assalamu’alaikum Wr Wb. Keimanan dan ketakwaan adalah merupakan asas penentu dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu dalam ajaran islam, manusia dikelompokan berdasarkan keimanannya: yang pertama kelompok kafir dan yang kedua kelompok mukmin.

Kesahihan dan ketajaman dalam memahami dan mencermati konsep konsep keimanan  mempunyai relevansi dalam memahami dan mencermati serta mengimplementasikan  nilai nilai ilahiyah dalam  kehidupan manusia.

Penjelasan Pengertian Keimanan

Keimanan sendiri berasal dari kata “ Iman”. Untuk mengetahui Pengertian Iman dalam ajaran Islam strateginya yaitu dengan cara mengumpulkan Ayat Ayat Al-Quran atau hadits yang redaksionalnya terdapat kata iman, atau kata lain yang dibentuk  dari kata tersebut  yaitu “aamana”  (fi’il madhi/bentuk telah), “yu ‘minu” (fi’il mudhari/bentuk sedang atau akan), dan mukminun (pelaku/orang yang beriman). Selanjutnya dari ayat ayat  tersebut di cari pengertiannya.

Dalam Al-qur’an terdapat sejumplah ayat, yang bercerita tentang iman di antaranya ada. QS. Al-Baqarah (2) : 165.

berdasarkan redaksi ayat tersebut, iman iman identik dengan asyaddu hubban lillah. hub artinya kecintaan atau kerinduan

Asyaddu

Asyaddu adalah kata superlatif  syadiid (Sangat). Asyaddu hubban Berarti sikap yang menunjukan  kecintaan atau kerinduan luar biasa.

Arti Lillah

Lillah artinya kepada atau terhadap Allah, dari ayat tersebut tergambar iman  adalah sikap (atitude), yaitu kondisi mental yang merupakan kecenderungan  atau keinginan yang luar biasa terhadap Allah.o orang yang beriman kepada Allah SWT berarti orang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk mewujudkan harapan atau kemauan yang dituntut oleh Allah Kepadanya.

Ibu najah dalam sunannya meriwayatkan bahwa Nabi Pernah Bersabda Sebagai Berikut :

“Iman Adalah Keterkaitan antara kalbu, ucapan dan perilaku”, (menurut Al-Sakawy dalam, Al-Hasanah, hlm 140, kesahihan hadits tersebut dapat di pertanggung jawabkan)

Arti Aqdun

Arti Aqdun: ikatan, Keterpaduan, Kekompakan. Qalbu adalah potensi psikis yang berfungsi untuk memahami informasi. Ini berarti identik dengan pikiran atau akal. Untuk kesimpulan ini berdasarkan Pada QS.’ Al-A’raaf (7):179. Untuk lebih jelasnya silahkan antum bisa cek di Al-Qur’an.

Arti Iqrar

Iqrar artinya pernyataan atau ucapan. Iqrar bil Lisan dapat diartikan dengan menyatakan dengan bahasa, baik lisan maupun tulisan.  Amal bil arkan yang mempunyai arti  perilaku gerakan perangkat atau gerakan tubuh. Perbuatan dalam kehidupan sehari hari.

Berdasarkan tafsiran di atas diketahui, bahwasannya rukun(Struktur)iman ada 3 aspek yaitu; Kalbu, Lisan, dan perbuatan. Tepatlah jika iman disimpulkan dengan pendirian yang  diwujudkan dalam bentuk bahasa dan perilaku.

Jika pengertian ini diterima, maka istilah iman identik dengan keperibadian manusia seutuhnya, atau pendirian yang konsisten.Orang yang beriman berarti orang yang memiliki kecerdasan, keterampilan dan kemauan.

Kata iman dalam Al-qur’an, pada umumnya dirangkaikan dengan kata lain. Kata rangkaian itulah yang memberikan nilai tentang sesuatu yang diimaninya. Jika kata iman di susun/ di rangkaikan dengan kata-kata yang negatif berarti nilai iman tersebut negatif. Dalam istilah Al-quran, iman yang negatif disebut kufur. Untuk pelakunya sendiri disebut kafir. untuk ayat Al-quran yang  mengemukakan kata iman dikaitkan dengan nilai yang negatif diantaranya ada: QS. An-Nisaa’ (4):51. Untuk lebih jelasnya antum boleh mengecek di Al-qur’an nya.

Kata iman pada ayat Tersebut dirangkaikan dengan kata jibti dan taghut, syaitan dan apa saja yang disembah selain Allah. Kata Iman dikaitkan dengan kata Batil (yang tidak benar menurut Allah). QS. Al-Ankabut (29): 51.

Demikian kiranya yang dapat kami sampaikan, apabila dengan dengan penjelasan ini antum masih kurang paham, silahkan antum bisa baca penjelasan keimanan dan ketakwaan di situs nyamankubro.com. atas segala kesalahan dan kekurangan yang ada kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarkatuh

 

 

 

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>