Epoxy Self Levelling

Seputar Epoxy Self Levelling

Epoxy self leveling adalah jenis epoxy yang mampu meratakan dengan sendirinya pada lapisan permukaan. Memiliki daya sebar yang baik adalah keunggulan epoxy ini.

Tak perlu menunggu lama, epoxy self leveling mampu menciptakan hasil akhir yang mulus pada permukaan tanpa menyisakan apapun.

Epoxy self leveling pada lantai akan memberikan keuntungan operasional utama untuk industri. Permukaan yang halus dan mulus membuatnya ideal untuk pergerakan truk forklift misalnya dan kendaraan lain yang sedang memindahkan beban berat secara terus menerus di hampir setiap harinya.

Selain itu, strukturnya yang mulus membuat lantai lebih mudah dibersihkan dan tidak memungkinkan terjadinya penumpukan kotoran dan bakteri yang akan timbul.

Keunggulan Epoxy Self Levelling

Nah, karena keunggulan epoxy self leveling yang mampu meratakan sendiri tentunya memberikan daya tarik yang sangat estetik karena tampilan glossy yang mulus membuat ruangan terlihat lebih besar dan jauh lebih menarik.

Inilah mengapa kebanyakan arsitek menyukainya dan sering menentukannya untuk ruang komersial dan ritel.

Epoxy self leveling cocok digunakan untuk aplikasi pada industri manufaktur, gudang, showroom, basement parkir, rumah sakit, dapur restoran, hanggar pesawat dan gelanggang olahraga.

Bicara soal tahapan pengecatannya,  ada tahapan standar yang biasa digunakan sebagai panduan.

Tahapan standar yakni primer, intermediate coat dan terakhir top coat. Tapi ada juga yang menambahkan aplikasi plamir atau dempul. Hal ini dikarenakan aplikasi plamir terbukti efektif mengatasi lantai yang rusak karena mengalami keretakan sekaligus mengurangi permukaan yang bergelombang.

Berikut kami rangkum lima manfaat utama epoxy self leveling, simak sampai habis ya!

5 Manfaat Utama Epoxy Self Leveling

1. Kuat

Epoxy Self Leveling mendapat julukan epoxy kuat karena dapat bertahan terhadap beban pejalan kaki di atas permukaannya dalam jumlah banyak, bahkan tak kalah kuat dalam menahan beban mesin besar yang sering melintasi permukaan.

Karena sifatnya yang kuat ini, lapisan epoxy self leveling mampu bertahan selama bertahun-tahun. Menguntungkan bukan untuk Anda? Lapisan lantai Anda kuat, biaya yang digelontorkan juga hanya satu kali untuk durasi yang cukup panjang.

2. Tahan Terhadap Lingkungan

Lingkungan dari permukaan yang diepoxy bermacam-macam. Tapi jangan khawatir, Anda aplikasikan epoxy self leveling maka permukaan Anda akan tahan terhadap sebagian besar jenis-jenis zat kimia seperti yang terdapat pada laboratorium.

Di sisi lain, epoxy self leveling juga mampu menahan kerusakan atau pemudaran akibat paparan sinar UV. Keuntungan lainnya untuk membuat umur lantai Anda menjadi lebih panjang. Tidak memerlukan perawatan yang banyak loh dalam merawat lantai yang sudah diepoxy.

3. Mudah dibersihkan

Anda hanya memerlukan sedikit sabun dan air. Cukup digosok atau dipoles saja sebetulnya jika Anda ingin membersihkan permukaan lapisan epoxy. Memang tidak diperlukan perawatan intens, tapi jika ada kecelakaan atau kerusakan baru dilakukan.

Perlu diingat bahwa hasil akhir dari epoxy self leveling itu mulus, makanya jarang sekali ditemukan mikroba yang tumbuh seperti jamur dan lumut pada permukaan epoxy.

4. Resistensi slip

Walaupun finishingnya mengkilap dan mulus, tapi jika Anda berjalan pada permukaan lapisan epoxynya tidak akan terjatuh, bahkan aman kok jika Anda berjalan dalam keadaan kondisi permukaan basah, eits tapi ini tidak disarankan ya.

Nah, biasanya epoxy self leveling sering dijadikan pilihan untuk aplikasi lantai kafe dan laboratorium.

5. Penampilan Estetik

Jangan dipikir epoxy hanya memiliki warna bening atau transparan yaa. Epoxy juga bisa diaplikasikan dengan komponen pigmen warna yang bisa Anda campurkan sendiri.

Anda bisa meningkatkan visual agar lebih baik dan cantik atau bahkan yang memanjakan mata Anda sesuai selera.

6. Kemudahan Aplikasi

Epoxy yang diaplikasikan menggunakan roller pasti lebih mudah untuk diterapkan.

Epoxy dapat bekerja dengan roller yang mirip saat Anda mengecat dinding rumah loh. Jangan lupa untuk gunakan spiked roller dan sepatu untuk mengecek kembali apakah permukaan yang telah diepoxy terdapat gelembung atau tidak.

Nah, perlu diingat hal yang terpenting jika permukaan akhir yang telah diepoxy cacat atau gagal. Anda cukup gunakan roller lalu Anda tinggal mengaplikasikan lapisan tipis lainnya di atasnya, dengan aplikasi 250 gr/m2 dan lebih atau kurang untuk menyelamatkan permukaannya.

Dengan epoxy self leveling, pengulangan akan mengharuskan Anda mengerjakan seluruh permukaan lagi dengan ketebalan 2 mm jika Anda ingin mendapatkan hasil akhir yang halus, yang mengarah ke biaya pengulangan yang sangat signifikan.

Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memperhitungkan biaya tersebut saat menentukan harga proyek Anda!

Karena kemudahannya, epoxy self leveling mampu menangani banyak lekukan, lubang kecil, cacat permukaan, dengan catatan tidak terlalu dalam.

Secara riil, untuk aplikasi lantai using yang memiliki penyok, benturan, dan lubang  para kontraktor acap kali menawarkan jasa epoxy lantai jenis ini kepada para pelanggannya.

Semoga bermanfaat, ya!

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>