Editor Video di Laptop

Aplikasi Editor Video

Menemukan aplikasi editor video terbaik untuk laptop windows bukanlah perkara mudah. Tiap-tiap pengembang aplikasi membenamkan beragam fitur dan plugin yang inovatif untuk memudahkan editing video.

Berangkat dari hal tersebut, kami berinisiatif untuk membuat panduan untuk memilih aplikasi editing video untuk laptop windows. Aplikasi yang kami tampilkan dalam list ini terdiri dari aplikasi gratis dan premium, jadi jika Anda sudah siap untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap seperti video 360, motion tracking dan multi-cam editing disamping fungsi utamanya untuk memotong, memangkas durasi, meng-combine dan menerapkan filter pada video Anda.

Tanpa berlama-lama, simak daftar aplikasi editing video untuk laptop windows di bawah ini, sebagaimana dikutip dari Manjadda.com.

Aplikasi Editor Video di Laptop Windows

1. Adobe Premier Pro CC

Aplikasi Editor Video

Adobe Premier Pro CC merupakan aplikasi editing video standar industri, oleh karenanya, memiliki adobe premier merupakan sebuah investasi untuk Anda yang ingin serius terjun langsung sebagai video editor ataupun youtuber karena berlangganan aplikasi ini tidaklah murah, Adobe sebagai pengembang aplikasi ini menerapkan tarif berlangganan sebesar Rp. 283.300 per bulannya.

Namun, harga tersebut sebanding dengan beragam fitur yang diberikan seperti dukungan filter audio dan video, support untuk video 360 derajat, support untuk virtual reality video, mendukung untuk editing beragam format video, dukungan font dari adobe dan masih banyak lainnya yang membuatnya menjadi standar dalam industri kreatif.

Dengan kata lain, Adobe Premier Pro CC bukan ditujukan untuk pemula dalam editing video. Namun, aplikasi ini sangat fleksibel jika Anda ingin serius sebagai video editor.

2. CyberLink PowerDirector

Aplikasi Editor Video

Jika Adobe Premier Pro dirasa terlalu mahal dan rumit bagi pemula, mungkin CyberLink PowerDirector solusi bagi Anda. Meski merupakan aplikasi premium yang dibanderol US$89.99 atau sekitar Rp 1,2 juta jika konversi dalam rupiah, aplikasi ini sangat tepat untuk pemula dalam editing video.

Dalam review Techradar, CyberLink merupakan video editor yang memiliki tools dan fitur yang dibutuhkan sebagai software standar industri kreatif, namun dengan interface yang memudahkan pengguna pemula. Sebagai contoh, Magic Movie Wizard dapat membantu Anda menggabungkan atau memotong video hanya dalam beberapa klik.

Meski demikian, bukan berarti aplikasi ini sesederhana itu. Anda tetap bisa melakukan editing video melalui kontrol panel dan timeline yang lebih kompleks untuk melakukan perubahan pada komponen video seperti suara, durasi dan filter video. Anda akan menemukan interface yang fleksibel dan mudah meski Anda baru pertama kali memakai aplikasi ini.

3. Lightworks

Aplikasi Editor Video

Sekarang saatnya membahas video editor gratis untuk laptop windows, yakni Lightworks. Aplikasi gratis yang ditujukan agar semua orang dapat melakukan pengeditan video secara profesional.

Jika Anda pernah mencoba aplikasi video editor gratis lainnya seperi AVS Video Editor, Sony Vegas Pro dan lain sebagainya, mungkin Anda akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan interface kontrol panel lightworks. Namun, meski demikian Lightworks salah satu aplikasi video editor terbaik yang mampu mengedit dengan dukungan resolusi HD, PAL dan NTSC.

Pada versi gratis, Anda hanya dapat meng-eksport video dalam format MPEG. Untuk mendapatkan fitur premium seperti format video lainnya, kemampuan publish video ke youtube secara langsung dan eksport video 3D maka Anda harus membeli versi Lightworks Pro.

4. Hitfilm Express

Aplikasi Editor Video

Aplikasi video editor di laptop windows yang menawarkan fitur premium namun tetap gratis adalah HitFilm Express. Fitur yang dimiliki aplikasi ini bisa dibilang cukup profesional, tools seperti cutting video, audio dan video filter yang cukup lengkap, dukungan layers dan masking, dukungan komposisi dan chroma key untuk Anda efek green screen.

Beberapa teman penulis sendiri menggunakan Hitfilm Express untuk menyelesaikan beberapa project video mereka. Meski beberapa tools bersifat premium. Namun, tetap menjadikannya sangat direkomendasikan diantara video editor gratis lainnya.

5. DaVinci Resolve

Aplikasi Editor Video

Sama seperti Lightworks, DaVinci Resolve merupakan versi gratis dari video editor premium.

Namun, fitur yang ditawarkan aplikasi gratis ini tidak bisa dipandang sebelah mata, khususnya bagi Anda yang baru mulai belajar editing video. Dengan interface yang intuitif untuk memotong, color correction, editing audio dan export beragam format video menjadikan DaVinci Resolve salah satu aplikasi editor video terbaik untuk pemula.

Fitur Color Correction pada DaVinci merupakan fitur terbaik yang bisa Anda dapatkan untuk menyesuaikan warna keseluruhan video atau hanya sebagian. Selain itu, aplikasi ini sudah mendukung fitur HDR dan dapat mengedit file dengan beragam format.

Demikian pembahasan mengenai Aplikasi Editor Video di Laptop Windows, semoga bermanfaat dan memberikan Anda gambaran mengenai aplikasi yang cocok dengan kebutuhan Anda dalam mengedit video.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>