Doa Selamat

doa selamat

Ungkapan selamat dalam kehidupan memiliki arti yang cukup luas, bisa selamat dari orang jahat, selamat dari hal buruk, dan masih banyak lagi. Tidak hanya dalam kehidupan di dunia ternyata dalam kehidupan akhirat kita juga harus dalam keadaan selamat. Salah satunya caranya yaitu dengan membaca doa selamat yang mempunya banyak keutamaan untuk setiap umatnya.

Arti Selamat

Selamat adalah terbebas dari bahaya sehingga terhindar dari gangguan, malapetaka, dan dijauhkan dari perbuatan yang salah. Sebagai umat islam kita selalu diajarkan untuk membaca doa selamat agar dijauhkan dari bahaya baik di dunia maupun akhirat.

Manfaat memgamalkan doa keselamatan yaitu untuk mendapatkan keselamatan dalam kehidupan di dunia dan akhirat, selamat dari tipu daya orang kafir, selamat dari bencana, selamat dari siksa api neraka, dan lainnya. Untuk mendapatkan keselamatan tersebut maka seorang muslim harus menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Bacalah doa selamat setiap selesai solat sehingga akan mendatangkan kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.

Doa Selamat

Terdapat bacaan doa selamat yang bisa kalian amalkan mulai dari doa pendek hingga panjang. Makna dari doa tersebut memiliki arti yang sama yaitu untuk mendapatkan perlindungan dari segala keburukan di dunia maupun akhirat, berikut ini bacaannya.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Keutamaan Membaca Doa Selamat

Tidak hanya menjadi amalan yang memberikan pahala, ternyata doa selamat yang terdapat dalam paragraf di atas juga memiliki banyak keutamaan ketika diamalkan. Ini dia penjelasannya.

Memohon Perlindungan

Ketahuilah keutamaan dari membaca doa selamat yaitu memohonkan perlindungan kepada Allah SWT sehingga terhindar dari hal-hal buruk yang bisa saja terjadi. Contohnya, ketika sedang bekerja di bawah pimpinan yang dzalim maka sebagai umat muslim bisa membacakan doa selamat tersebut sehingga ketika bertemu dengan pemimpinnya tidak dizhalimi.

Jadi, dimanapun Anda berada ketika merasa sedang dibawah tekanan yang membahayakan maka bisa mengatasinya dengan membaca doa selamat.

Diberikan Kesehatan

Berikutnya, keutamaan yang terdapat dalam doa selamat tersebut yaitu memohonkan agar diberikan keselamatan dalam kesehatan. Jika, Anda sedang sakit kemudian merasa takut akan penyakit yang diderita maka bisa mengatasinya dengan membaca doa selamat agar selalu diberikan keselamatan dari Allah SWT yaitu berupa kesembuhan.

Dengan demikian sebagai umat muslim memang diharuskan mengetahui doa selamat tersebt agar selalu memiliki rasa tenang dan damai dalam mengatasi rasa yang membuatnya merasa ketakutan.

Baca Juga: Doa Masuk Kamar Mandi

Keberkahan Rezeki

Ketahuilah bahwa rezeki yang kita dapatkan bisa saja mendatangkan keburukan apabila memperolehnya dengan cara yang tidak halal. Dengan demikian maka sebaiknya selalu berdoa agar mendapatkan keberkahan dari-Nya. Oleh karena itu, sebagai umat muslim pastinya menyadari bahwa keberkahaan dalam rezeki memang sangatlah penting. Bahkan, akan dibawa sampai akhirat nanti.

Ketika sudah mendapatkan keberkahan rezeki dari-Nya maka akan mendatangkan banyak kebaikan dan keselamatan dalam kehidupan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Jadi, rezeki yang halal akan mendatangkan keberkahan. Tetapi, sebaliknya rezeki yang buruk akan mendatangkan keburukan.

Disadarkan untuk Bertaubat

Ketahuilah bahwa dengan datangnya rasa ingin bertaubat maka hal tersebut merupakan pertolongan dari Allah SWT agar mendatangkan kesalamatan kepada kita. Dengan demikian maka janganlah lupa untuk selalu bertaubat dari dosa maupun kesalahan yang kalian bertaubat.

Ketika kita menyadari telah banyak kesalahan yang kita perbuat maka akan menuntun kita untuk betaubat agar selamat dalam kehidupan di akhirat.

Keselamatan dari Api Neraka

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saat manusia memiliki kesadaran untuk bertaubat maka akan diberikan dalam kehidupan di akhirat, salah satunya yaitu adanya keselamatan dari api neraka. Dengan demikian maka jangan lupa untuk membaca doa selamat setiap selesai solat sebagai bentuk mengingat-Nya.

Waktu yang Tepat untuk Mengamalkan Doa Selamat

Kapankah waktu yang tepat untuk mengamalkan doa selamat kehidupan dunia maupun akhirat? Simak informasinya di bawah ini.

  • Setelah Adzan

Waktu yang tepat untuk mengamalkan doa selamat agar didengar atau diijabah oleh Allah SWT sehingga cepat dikabulkan yaitu ketika setelah adzan. Nah, bacalah setelah Anda membacanya doa sesudah adzah. Setelah itu, barulah membaca doa keselamatan dunia dan akhirat agar sellau mendapatkan perlindungan-Nya dan dijauhkan dari segala hal yang dapat membahayakan kita dalam kehidupan di dunia maupun akhirat.

  • Setelah Menunaikan Sholat 5 Waktu

Berikutnya, waktu yang mustajab untuk membaca doa selamat yaitu setelah menunaikan solat fardhu atau solat lima waktu. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak waktu baik dalam Islam sehingga doanya akan dikabulkan setiap ia berserah diri kepada Allah SWT. Nah, bacaan doa sealamat tersebut juga sangatlah baik sehingga bisa dibaca setiapmelakukan solat sunnah maupun solat wajib.

Doa selamat tersebut dapat dibaca di akhir rangkian membaca dzikir sebagai salah satu bentuk untuk mengingat kebesaran dan perlindungan-Nya.

  • Setelah Sholat Malam

Doa selamat juga dapat dibaca setelah melakukan solat malam, seperti solat tahajud, solat malam, dan solat sunnah lainnya. Ketahuilah di waktu sepertiga malam tersebut mulai pukul 01.00 sampai masuknya waktu subuh memang menjadi waktu mustajab untuk berdoa.

Ketahuilah bahwa di waktu tersebut memiliki keistimewaan karena kebanyakan orang tidur sehingga di saat itu pula malaikat turun membawa doa para umatnya di hadapan Allah SWT.

  • Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan dari malam lailatul qadar memang tidak ada duanya, di malam tersebut umat muslim berlomba untuk memperoleh keistimewaannya sehingga diharuskan untuk beritikaf di masjid, berdzikir, dan melakukan solat malam.

Nah, untuk mendapatkan kebaikan dari malam lailatur qadar maka janganlah lupa untuk membaca doa selamat agar memberikan kesalamatan dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

Keselamatan menjadi hal yang diprioritaskan oleh umat muslim, ketahui bahwa doa selamat ini akan mendatangkan banyak kebaikan baik di dunia maupun akhirat.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>