Definisi dan Manfaat Peternakan

Ternak atau budidaya hewan adalah kegiatan yang sengaja dilakukan untuk menghasilkan sumber pangan, sumber bahan baku industri, atau dipelihara untuk membantu pekerjaan manusia. Peternakan mencakup berbagai usaha untuk memelihara dan mengembangbiakkan hewan ternak mencakup pula kegiatan perikanan.

Secara umum usaha peternakan adalah bagian daripada kegiatan pertanian. Hewan yang digunakan dalam peternakan dapat mencakup apa saja, pada dasarnya dibedakan menjadi dua golongan. Peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau, kuda, dan peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci, bebek, dan hewan ternak lainnya.

Beberapa daerah di dunia juga memiliki hewan ternak khasnya, seperti bison, burung unta, llama, dan tikus belanda yang sengaja dipelihara sebagai ternak. Jenis hewan ternak memang sangat beragam dan menyebar luas di belahan dunia.

Hewan ternak ini sangat bergantung pada sejumlah faktor seperti daerah asal, budaya lokal, iklim, permintaan konsumen, dan topografi. Bahan hewan seperti serangga, juga bisa disebut sebagai hewan ternak jika tidak dipelihara dan diambil keuntungan darinya.

Kegiatan peternakan mesti mempunyai tujuan yang bermanfaat bagi pelaku peternak dan konsumen hasil ternaknya. Salah satu tujuan dari peternakan adalah untuk mencari keuntungan dengan tujuan komersil. Apabila prinsip ini digunakan maka di dalamnya segala hal manajerial seperti pengetahuan tentang ekonomi mikro dan makro, akuntansi, serta manajemen lainnya harus tidak boleh terlewatkan.

Namun jika usaha ternak hanya untuk sekedar mengisi waktu luang atau hanya untuk memnafaatkan sumber daya, maka tujuan utamanya bukanlah merupakan aspek komersial, tetapi hanya mengusahakan balik modal.

Peternakan juga memiliki berbagai manfaat, diantaranya yaitu:

1. Manfaat bagi manusia

Ternak sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi manusia yang didapatkan dari konsumsi hasil ternak seperti daging, susu, dan telur.

Selain itu kulit atau bulu hasil ternak juga dapat diolah menjadi berbagai produk yang bermanfaat bagi manusia. Bahkan ternak juga terkadang hanya digunakan sebagai sarana hiburan atau hobi, dan bisa juga digunakan sebagai ternak percobaan untuk menghasilkan bibit unggul.

2. Sebagai sumber tenaga kerja

Semenjak digunakannya irigasi oleh manusia sejak tahun 3.000 SM hewan ternak juga digunakan sebagai sumber tenaga kerja, bahkan sampai saat ini.

Hal ini memungkinkan penggunaan bagian makanan kasar dalam bentuk energi yang tidak dapat dicerna oleh manusia, namun bisa dicerna oleh hewan yang akhirnya menjadi produk ternak.

3. Penghasil pupuk

Ternak berukuran besar juga dapat menghasilkan pupuk yang berguna bagi pertanian. Sebagai contoh dari 2,8 juta ekor kerbau yang ada di Indonesia saja dapat menghasilkan sekitar 4 juta ton pupuk per hari, yang dapat dimanfaatkan untuk memupuk 340.000 hektare tanah pertanian. Pupuk dari hasil peternakan mampu meningkatkan produksi pangan dan lebih ramah lingkungan sebab tidak mengandung zat kimia buatan.

4. Sebagai bahan industri

Produk ternak juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber bahan baku industri yang dibutuhkan manusia. Sebagai contoh hasil dari ternak sapi dapat digunakan sebagai bahan sepatu, tas, jaket, lem, gelatin, daging kornet dan lainnya. Bahkan insulin bisa dihasilkan dari ternak yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Insulin ini bisa didapat dari ekstarksi pancreas sapi, babi, atau kerbau.

5. Fungsi sosial

Dalam kehidupan sosial, hewan ternak juga bisa menjadi simbol atau status sosial pada masyarakat baik melalui upacara keagamaan, adat, perkawinan, hingga pada masyarakat primitif yang menggunakannya untuk sesajian.

6. Manfaat ekonomis

Peternakan memang bertujuan utama untuk menghasilkan manfaat ekonomis. Kemampuan mengubah pakan menjadi hasil ternak seperti daging, susu, telur, dan tenaga ini dapat menjadi nilai tambah bagi peternak. Hal ini tentu saja akan menjadi sumber pendapatan dan bahkan tabungan bagi peternak.

Pada peternakan tradisional, umumnya hasil peternakan digunakan untuk dijual sewaktu musim paceklik atau dikala memerlukan dana ekstra. Sedangkan pada peternakan modern, hasil peternakan digunakan menjadi barang industri untuk dijual kepada masyarakat secara luas.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>