Cara Mudah Edit Video di Laptop Windows 10

Banyak orang yang berpikir bahwa, editing video tuh susah. Butuh komputer dengan spek memadai, software editing, paham colour grading, dan lain sebagainya. Sehingga beberapa orang cenderung memilih untuk merekam video menggunakan Hp, lalu menguploadnya di media sosial tanpa melakukan editing sama sekali.

Sebenarnya jika kita punya laptop dengan sistem Windows 10 saja, kita bisa memanfaatkannya untuk editing video. Tentu ini tidak direkomendasikan untuk kebutuhan pembuatan film yang digarap profesional ya.

Windows 10 dibekali aplikasi bawaan yang bisa untuk mengedit video secara sederhana. Dalam arti dengan aplikasi ini saja kita sudah cukup bisa membuat konten untuk kebutuhan media sosial.

Dari pada penasaran, kita coba simulasikan ya? Silakan kalian bisa langsung praktek sambil nyimak artikel ini.

Siapkan Video yang Akan Diedit

Pertama yang harus kita siapkan adalah bahan video yang akan diedit. Apapun perangkat yang kita pakai untuk merekam video di sini enggak masalah selama output file format videonya mendukung aplikasi.

Biasanya sih format Mp4, Avi, dan lain sebagainya. File video silahkan disimpan di dalam drive penyimpanan laptop atau bisa juga disimpan dalam sebuah USB flashdisk. 

Bagi yang bingung mendapatkan bahan video, bisa coba membuat video dengan cara merekam layar laptop. Hal ini bisa kita lakukan dengan menggunakan aplikasi seperti OBS Studio, bisa juga tanpa aplikasi dengan memanfaatkan fitur yang ada dalam sistem Windows 10.

Buka Aplikasi Photos di Windows 10

Silakan buka aplikasi Photos di Windows 10. Caranya bisa melalui tombol Start, atau dengan mengetikkan kata “Photos” di kolom pencarian taskbar.

Kita mungkin selama ini hanya tahu kalau aplikasi Photos ini fungsinya hanya untuk menampilkan foto dan edit foto saja. Ternyata nggak. Ada menu edit video di aplikasi ini yang bisa kita gunakan untuk mengedit video.

Membuat New Project

Silakan klik menu “Select” yang ada pada pojok kanan atas, kemudian klik “New Video” lalu klik “New Video Project.” Beberapa saat kemudian akan muncul jendela baru, silahkan beri nama project baru yang akan kita buat. Jika sudah, silakan klik “Ok.”

Beberapa saat kemudian akan muncul jendela baru. Silakan klik “Add” untuk memasukkan video yang hendak kita edit. Ada tiga pilihan, kita bisa ambil file video dari yang tersimpan di laptop, atau dari daftar file koleksi yang tersimpan di penyimpanan Onedrive, atau bisa juga mengambil dari website.

Kita bisa add beberapa video untuk dimasukkan dalam project. Mungkin ada beberapa format video yang tidak bisa di add. Hal ini karena format file yang tidak didukung, salah satunya adalah format Mkv. 

Setelah video tersebut berhasil kita masukkan ke dalam project, silakan drag ke track editing yang tersedia. Selanjutnya kita bisa mulai mengedit video sesuai yang kita suka.

Mengolah Video

Jika ada beberapa bagian video yang ingin kita hilangkan, silahkan lakukan pemotongan dengan menggunakan menu “Trim.” Di lembar kerja ini silakan atur batas awal dan akhir dari video yang hendak kita potong. Selanjutnya klik “Done.”

Selain memotong video, di aplikasi ini kita juga bisa memisahkan satu file video menjadi beberapa bagian. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur menu “Split.” atau barangkali kita mau menambahkan teks, bisa gunakan menu “Text.”

Masih ada beberapa fitur menu yang bakal membuat polesan video yang kita edit menjadi semakin menarik. Seperti mengatur pergerakan gambar dengan menggunakan menu “Motion,” menambahkan 3D efek, filters, dan lain sebagainya.

Mengeksport atau Menyimpan Video Hasil Editing

Jika proses editing sudah selesai, tahap selanjutnya adalah mengekspor atau menyimpan video hasil editing. Caranya mudah, silakan klik “Finish Video” yang ada di pojok kanan atas. Beberapa saat kemudian akan muncul jendela baru, silahkan atur kualitas video yang akan kita simpan. Selanjutnya klik “Eksport.”

Tunggu beberapa saat hingga video tersimpan dengan sempurna. Sampai di sini sebenarnya kita sudah berhasil mengedit video di laptop dengan memanfaatkan aplikasi bawaan Windows 10.

Memang ada beberapa fitur yang kurang, seperti menambahkan transisi, menambahkan musik, menambahkan emoticon, dan lain sebagainya. Wajar karena aplikasi Photos memang didesain sederhana sebagai aplikasi bawaan Windows 10.

Jika kita merasa kurang puas dan ingin mendapatkan hasil editing maksimal, bisa coba editing menggunakan software editing professional yang biasa dipakai para filmmaker. 

Namun, bagi kalian yang masih ingin belajar mengedit video, silahkan manfaatkan aplikasi Photos bawaan Windows 10 ini. Menurut kami aplikasi ini sangat mudah untuk dijalankan dan cocok banget bagi kalian yang masih belajar editing video tahap dasar.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>