Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Di zaman teknologi yang semakin maju ini, sudah banyak orang yang menggunakan laptop untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Dibandingkan dengan komputer, laptop cenderung lebih mudah untuk dibawa kemana-mana dan lebih ringan.

Selain dapat membantu pekerjaan laptop juga berguna untuk hiburan dikala sedang bosan. Anda bisa bermain game, menonton TV di Laptop, dan menonton film.

Menonton film bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengisi kekosongan waktu yang ada. Ditambah sekarang sudah banyak penyedia layanan streaming video gratis, diantaranya yang terkenal yaitu Youtube, Netflix, Iflix, Disneyplus, Viu, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menonton kapan dan dimanapun dengan laptop. Jika ingin sensasi yang lebih Anda dapat mencoba menyambungkan layar laptop Anda ke TV dengan layar yang lebih besar. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial cara menyambungkan laptop ke TV.

Tentunya pastikan terlebih dulu bahwa Windows pada laptop dan TV yang akan disambung telah mumpuni. Beberapa televisi lama belum terdapat port HDMI, atau ada yang masih belum bisa terkoneksi dengan internet.

Bagaimana sudah penasaran? Simak ulasan berikut mengenai cara menghubungkan laptop ke tv dengan mudah.

Cara Mudah Menyambungkan Laptop ke TV

1 Menggunakan Kabel HDMl

Cara untuk menyambungkan laptop ke TV yang pertama adalah dengan menggunakan kabel HDMI. Ini merupakan cara yang paling mudah dan simple. Anda dapat membelinya di toko elektronik terdekat atau membeli di toko online.

Kabel HDMI dapat mentransfer audio dan video dengan kualitas yang tinggi, jadi sangat cocok digunakan untuk menonton film favorit. Selagi laptop dan TV sama-sama memiliki port HDMI Anda sudah bisa menyambungkan laptop ke TV. Simak tutorialnya di bawah ini.

  1. Yang pertama sambungkan laptop ke TV menggunakan kabel HDMI
  2. Nyalakan kedua perangkat
  3. Ganti mode HDMI pada TV menggunakan remote
  4. Sambungan antara Laptop dan TV harus dibikin otomatis, Namun jika tidak, bisa menggunakan cara manual dengan, buka pengaturan (setting), pilih system, klik display dan pastikan TV dipilih. Pada bagian menu itu juga Anda dapat mengatur resolusi video.
  5. Setelah selesai, tekan tombol “P” + Windows dan pilih opsi “duplicate”.

2. Menggunakan Kabel VGA

Nah, kali ini diperuntukan bagi Anda yang memiliki laptop dan TV versi yang jadul. Anda bisa menggunakan kabel VGA untuk menyambungkan laptop ke TV. Namun, kekurangannya kualitas video yang dihasilkan dari VGA tidak sebagus dengan HDMI. Selain itu, VGA hanya bisa mentransfer video saja yang berarti untuk audionya Anda memerlukan kabel lain. Berikut cara mudahnya

  1. Sambungkan laptop dengan TV dengan kabel VGA yang telah disiapkan.
  2. Sambungkan kedua perangkat dengan kabel audio 3.5 mm
  3. Nyalakan TV dan laptop. Pilih input PC atau RGB pada TV dengan remote.
  4. Sambungan antara Laptop dan TV harus dibikin otomatis, Namun jika tidak, bisa menggunakan cara manual dengan, buka pengaturan (setting), pilih system, klik display dan pastikan TV dipilih. Pada bagian menu itu juga Anda dapat mengatur resolusi video.
  5. Setelah selesai, tekan tombol “P” + Windows dan pilih opsi “duplicate”.

3 Menggunakan USB TYPE C

Cara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan USB TYPE C. Apabila laptop dan TV Anda mempunyai port USB TYPE C, ada 2 opsi pilihan untuk menyambungkan laptop ke TV. 

Namun, ada hal yang mesti diperhatikan, bahwa tidak semua kabel USB TYPE C support untuk dapat membawa sinyal video, jadi pastikan terlebih dahulu sebelum membeli kabel USB-C ke USB-C.

Opsi kedua yakni dengan membeli adaptor USB TYPE C ke HDMI. Colokan kabel USB TYPE C ke laptop dan sambungkan HDMI ke TV. Untuk lebih jelasnya lihat tutorial di bawah ini

  1. Sambungkan laptop dan TV dengan USB TYPE C dengan bantuan adaptor USB-C ke HDMI.
  2. Nyalakan kedua perangkat.
  3. Pilih mode yang tepat pada TV dengan menggunakan remote, tergantung kabel yang Anda gunakan.

4 Menyambung Laptop ke TV secara Wireles

Jika Anda tidak mau repot dengan urusan perkabelan yang mengganggu, ada cara yang lebih simple dan efisien, yaitu dengan menggunakan teknologi wireless atau nirkabel. 

Namun, cara ini memerlukan perangkat tambahan berupa streaming media, seperti Google Chromecast atau Miracast.

Bisa juga menggunakan TV android, karena didalamnya sudah terpasang perangkat Google Chromecast. Untuk tutorialnya bisa dilihat di bawah ini.

  1. Hubungkan kabel ekstensi yang ada pada Chromecast ke port HDMI TV.
  2. Nyalakan televisi, apabila TV tidak mendeteksi perangkat Chromecast yang telah terpasang, coba pindahkan mode tv ke input yang tepat menggunakan remote TV.
  3. Download aplikasi Chromecast pada smartphone di Google Play Store atau App Store. Namun, jika Anda menggunakan laptop Windows/Mac bisa langsung masuk ke laman browsing dan masuk ke google.com/chromecast/setup
  4. Setelah berhasil terinstall, sambungkan aplikasi ke jaringan wifi yang ada.
  5. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi yang ada di perangkat Anda berhasil terkoneksi dengan Chromecast, lalu verifikasi kode yang sama di TV dan perangkat yang pakai sebagai remote control. Terakhir, ubah nama default.

Nah, itu tadi seutas tips dari kami tentang cara menyambungkan laptop ke TV. Dengan berbagai pilihan cara menghubungkan laptop ke TV ini, Anda bisa memilih cara mana yang paling mudah. Cara mana yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Kasih tau di kolom komentar ya

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>