Cara Menggunakan WhatsApp Web

WhatsApp atau yang biasa kita kenal dengan sebutan WA merupakan sebuah aplikasi sosial media yang membuat penggunanya saling berkomunikasi. Semakin kesini pengguna WA semakin banyak dan tidak semua pengguna terus menatap layar smartphone karena banyak yang bekerja dengan menggunakan laptop. Dan yang jadi pertanyaannya adalah apakah bisa kita menggunakan whatsapp di komputer atau laptop? Jawabannya tentu adalah bisa, karena sekarang para pengguna bisa membuka whatsapp melalui komputer atau laptop dengan aplikasi whatsapp khusus untuk perangkat pc atau laptop ataupun melalui whatsapp web.

Apakah semua fitur pada whatsapp web sama dengan whatsapp yang ada di smartphone? Terus bagaimana cara menggunakan whatsapp web? Cara install? Apa perbedaan whatsapp web dengan whatsapp yang ada di smartphone ? Untuk penjelasan selengkapnya bisa anda simak artikel berikut ini atau simak artikel cara menggunakan Whatsapp web di situs gurukece.com

Persyaratan Menggunakan WhatsApp Web

Sebelum kita lanjut ke cara menggunakan whatsapp web, sebaiknya anda ketahui dahulu persyaratan-persyaratan menggunakan whatsapp web. Persyaratannya cukup mudah dan simpel.

Perlu juga anda ketahui bahwa menggunakan whatsapp web bukan berarti anda harus membuat akun baru, tetapi anda hanya perlu mengkoneksikan whatsapp di smartphone dengan whatsapp web, agar bisa menggunakan whatsapp di pc.

Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut :

  • Yang pertama adalah anda pengguna dari ponsel android atau ponsel iPhone
  • Anda sudah memiliki aplikasi dan akun whatsapp
  • Pastikan jaringan atau koneksi internet pada smartphone dan juga pc atau laptop stabil agar whatsapp web berjalan dengan lancar karena whatsapp web mengharuskan whatsapp pada smartphone tetap online
  • Juga browser yang digunakan harus versi terbaru seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari dan lainnya

Cara Mengakses WhatsApp Web

Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, selanjutnya anda perlu mengakses whatsapp web. Untuk mengaksesnya anda siapkan terlebih dahulu pc atau laptop untuk membuka whatsapp web dan koneksi internet yang stabil, agar lebih lancar dalam membuka whatsapp web.

Langkah-langkah untuk mengakses whatsapp web adalah sebagai berikut :

  • Buka browser pada pc atau laptop anda lalu masuk ke situs web.whatsapp.com untuk membuka whatsapp web.
  • Terus akan muncul halaman whatsapp web yang menampilkan sebuah QR Code untuk discan dengan ponsel
  • Setelah itu anda masuk ke whatsapp pada ponsel lalu klik tanda titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih WhatsApp Web.
  • Lalu arahkan camera ke QR Code whatsapp web di pc atau laptop anda
  • Tunggu sampai proses scan selesai dan terhubung ke whatsapp web
  • Bila terhubung maka whatsapp web akan menampilkan akun whatsapp anda dan bisa anda gunakan

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Beberapa fitur yang ada di whatsapp ponsel berbeda dengan whatsapp web. Fitur yang tidak bisa diakses misalnya video call dan voice call. Namun fitur lain seperti status, chatting, voice note dan mengirim gambar bisa dilakukan di whatsapp web.

  1. Cara Melakukan Chatting

Jika anda ingin melakukan pengiriman pesan cara sangat mudah. Sama seperti whatsapp pada ponsel, anda hanya perlu mencari kontak yang ingin dikirimi pesan oleh anda dengan klik fitur search dibagian kiri atas. Lalu ketikan nama kontak terus enter, maka akan muncul tinggal anda klik dan mulai ketikan pesan di kolom Type a message di bagian kanan bawah.

  1. Cara Melakukan Voice Note

Untuk mengirim voice note, anda memerlukan alat tambahan yaitu microphone ataupun headphone/earphone yang ada microphonenya untuk merekam suara. Caranya yaitu klik simbol microphone pada bagian kiri bawah. Setelah itu klik OK, I GOT IT dan juga klik Allow jika muncul. Lalu anda bisa melakukan perekaman suara untuk dikirim.

  1. Cara Mengirim Gambar dan media lainnya

Cara untuk mengirim gambar dan media lainnya, anda tekan simbol paperclip pada bagian kanan atas. Lalu pilih media yang akan dikirim seperti gambar, foto, dokumen serta kontak.

  1. Cara Melihat Status

Untuk melihat status anda klik simbol status di bagian kiri atas, terus anda hanya perlu klik salah satu kontak yang ingin dilihat statusnya, maka status akan muncul.

  1. Cara Logout dari WhatsApp Web

Untuk keluar atau logout dari whatsapp web, anda hanya perlu cari dan klik simbol titik tiga lalu pilih log out, maka whatsapp web akan keluar.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial cara menggunakan whatsapp web. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>