Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat

Teknik mengetik dengan 10 jari memang sangat dibutuhkan di era sekarang. Kalian yang banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di depan laptop tentu akan sangat membutuhkan keahlian ini. Apalagi sekarang banyak WFH yang mana orang akan lebih sering berinteraksi dengan layar komputer.

Terlebih lagi buat kalian yang berprofesi sebagai blogger akan sangat membutuhkan skill ini. Dengan memiliki keahlian menulis 10 jari, akan mampu membuat konten dengan lebih efisien. Selain konten, kalian yang berprofesi sebagai blogger diwajibkan mengerti tentang apa itu SEO?. Maka dari itu, kemampuan mengetik dengan 10 jari akan menyelesaikan sebagian masalah yang dialami oleh para penulis.

Untuk sebagian orang, mengetik dengan 10 jari dianggap susah. Padahal jika dia mengetahui teknik dan caranya maka mengetik dengan 10 jari tidaklah terlalu susah untuk dipelajari.

Tentu kalian harus terus belajar dan membiasakan untuk mengetik dengan 10 jari agar jari-jemari terlatih dengan semua huruf dan tombol yang ada di laptop.

Nah penasaran bagaimana cara mengetik dengan 10 jari tanpa melihat keyboard? Yuk simak pembahasan berikut ini

1. Pastikan Jari Berada di Posisi yang Tepat

Kalian harus tahu terlebih dahulu letak kesepuluh jari untuk tiap tombol yang berada di keyboard. Posisikan jari-jemari di tiap tombol yang semestinya.

2. Gunakan Aplikasi Typing

Untuk membantu mengetik, kalian dibutuhkan bantuan aplikasi guna mengetahui letak salah dan benar saat kalian belajar mengetik sebuah kata. Akan sangat teramat susah jika kalian latihan sendiri dengan menuliskan kata sendiri dengan pikiran mengambang.

Maka dari itu kalian membutuhkan bantuan aplikasi guna membantu latihan mengetik. Dengan begitu juga, otak akan fokus pada fungsi tangan untuk mengetik sebuah tombol, bukan lagi mengarang sebuah kata pada kertas kosong.

3. Biasakan Jari untuk Menekan dan Berpindah

Setelah kalian menempatkan jari pada bagian tombol yang tepat, sekarang kalian mulai untuk mengetikan tombol-tombol di setiap jari. Latihlah jemari kalian untuk menekan tombol yang tepat hingga terbiasa. Dengan begitu otak akan terkoneksi dengan jari-jemari saat mengetik.

4. Coba Mengetik Tanpa Melihat

Saat kalian telah hafal letak setiap jari pada tombol keyboard yang ada, sekarang latihlah otak dan jari untuk mengetik tanpa melihat. Tentu kalian harus hafal terlebih dahulu setiap tombol yang ada pada keyboard.

Dengan membiasakan mengetik tombol setiap huruf yang ada keyboard, lama kelamaan otak akan otomatis mengetahui letak huruf setiap tombol. Bahkan berapa jarak yang dibutuhkan akan mengerti jika kalian terbiasa mengetik.

5. Ketahui Dasar Keyboard Shortcuts

Mengetahui shortcuts keyboard cukup penting dalam mengetik. Contoh misal saat kita ingin menuliskan huruf kapital, kalian akan terlalu memakan waktu banyak jika kalian tidak hafal dan memahami fungsi keyboard shortcuts.

6. Latihan dengan Games

Jika di atas kita menyuruh latihan dengan aplikasi, sekarang cobalah latihan dengan menggunakan suatu game mengetik.

Berbeda latihan dengan aplikasi, game mengetik akan memacu kita untuk lebih cepat dan tepat saat memainkan permainannya. Karena biasanya game mengetik, mengharuskan mengetik sebuah kata dengan cepat agar kita tidak terbunuh. Dengan begitu kita akan dipacu agar lebih cepat lagi saat mengetik.

Nah itu dia cara mengetik 10 jari untuk pemula. Intinya kita disuruh untuk banyak banyak latihan agar terbiasa dengan tombol keyboard yang ada. Bagaimana? seberapa cepatkah kalian saat mengetik? Tulis di kolom komentar ya

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>