Cara Mengatasi Windows 10 Booting Lama

Cara Mengatasi Windows 10 Booting Lama

Windows 10 merupakan versi paling baru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Melanjutkan kesuksesan generasi terbaru sebelumnya yaitu Windows 7 dan Windows 8, memadukan keduanya sehingga tercipta tampilan desktop yang modern dan minimalis.

Pengguna laptop saat ini, sebagian besar langsung memilih menggunakan sistem operasi Windows 10. Selain itu, laptop-laptop terbaru memang sudah dibekali dengan sistem operasi ini secara otomatis.

Banyak pengguna Windows 10 yang mengatakan booting sangat cepat, lebih cepat dari Windows versi sebelumnya. Tapi ada juga yang mengatakan kalau Windows 10 booting lama. Lalu mana yang benar? Sebenarnya semua benar, namun, khusus untuk yang booting lama itu karena ada sedikit salah setting saja.

Salah setting yang kami maksud adalah mengaktifkan fitur fast startup yang notabene bisa mempercepat booting. Memang benar sih, tapi pada sebagian laptop, fitur ini malah akan menyebabkan Windows booting lama, begitu juga dengan saat proses restart.

Solusi Booting Lama pada Windows 10

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, tenang dulu. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial mengatasinya. Tutorial ini kami kutip dari website charis.id beserta gambarnya sekalian, agar lebih mudah untuk dipahami.

1. Matikan Fast Startup

Seperti yang kami singgung di atas bahwasannya fitur ini tidak selalu bekerja pada semua laptop, ada beberapa laptop yang malah menjadi lemot saat booting. Jadi, untuk solusinya sudah jelas, yaitu mematikan fast startup.

Untuk mematikan fitur startup, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama, silahkan klik icon baterai di pojok kanan bawah, setelah itu pilih Power Options.
  • Kemudian itu, pilih menu Choose what the power button do.cara mempercepat booting windows 10
  • Setelah masuk menu tersebut, klik Change settings that are currently unavailable seperti gambar di bawah ini.cara mengatasi windows booting lama
  • Langkah terakhir, silahkan hilangkan centang pada Turn on fast startup (recommended) lalu klik Save Changes.cara mengatasi laptop booting lama
  • Selesai.

 

Sekarang, silahkan Anda coba restart laptop untuk mengetahui apakah cara ini berhasil atau tidak. Sebagian besa pengguna Windows 10 berhasil mengatasi booting lama dengan cara ini.

2. Matikan Program Startup

Program startup adalah program yang otomatis berjalan saat Windows booting. Biasanya, semakin banyak program startup akan semakin lama proses bootingnya. Oleh karena itu, kita harus mematikan program startup yang tidak digunakan agar proses booting tidak lemot.

Untuk mematikan program startup, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama, klik Start lalu ketikkan msconfig dan tekan enter.
  • Selanjutnya, silahkan klik Startup, Anda akan melihat banyak sekali program yang berjalan saat booting.
  • Untuk mematikannya, silahkan pilih aplikasi yang akan dimatikan, setelah itu klik Disable.cara mengatasi windows 10 booting lama
  • Selesai.

 

Setelah Anda menyimpan pengaturan, biasanya Anda akan diminta untuk merestart laptop. Silahkan langsung restart laptop Anda saja agar penyimpanan segera diperapkan pada laptop.

Dalam mematikan program startup ini, kami harap Anda melakukannya dengan hati-hati. Pastikan Anda mematikan program yang tidak ada kaitannya dengan sistem Windows. Agar lebih aman, Anda bisa mematikan program-program yang tidak ada kata Windowsnya saja, seperti misal Skype, IDM, PicPick, dan lainnya.

Kenapa disarankan untuk tidak mematikan program startup yang berkaitan dengan sistem Windows? Jawabannya karena ditakutkan dapat mengganggu jalannya sistem Windows sehingga berpotensi menimbulkan permasalahan yang tidak diinginkan.

Demikianlah artikel yang bisa kami bagikan terkait cara mengatasi masalah booting lama di Windows 10. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Syukur kalau artikel ini berhasil diterapkan di laptop Anda.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>