Cara Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi

Tombol-Home-Android-Tidak-Berfungsi

Saat ini hampir semua smartphone berbasis Android dan IOs. Smartphone ini dikemas dengan layar sentuh yang sebagian ada yang full touchscreen dan ada juga yang tombol kapasitif dibawah layarnya. Tomol kapasitif ini terdiri dari tombol back, home dan recent apps.

Para pengguna smartphone android seringkali mengalami masalah pada tombol home dan back yang tidak berfungsi dan sulit untuk di sentuh. Walau kelihatan sepele namun hal ini membuat aktifitas kamu jadi terganggu ketika menggunakan handphone kamu.

Oleh karena itu, kali ini sudah kami rangkum cara mengatasi tombol home dan back android yang tidak berfungsi yang dikutip dari pitujuh.com di bawah ini.

Cara Mengatasi Tombol Home Tidak Berfungsi

1. Unroot Android

Perlu kamu ingat sebelum kamu melakukan root pada ponsel kamu, apakah kerusakan yang terjadi pada tombol back dan home andorid kamu terjadi sebelum atau sesudah rooting. Jika terjadi setelah kamu melakukan rooting, kemungkinan besar penyebabnya adalah rooting itu sendiri.

Oleh sebab itu, kamu harus langsung unroot andoroid kamu atau bisa juga menggunakan custom ROM. Karena tombol yang error bisa juga penyebabnya adalah custom ROM yang tidak kompatibel.

2. Hapus Aplikasi yang Baru Dipasang

Tidak berfungsinya tombol home dan back biasanya disebabkan juga karena kamu menginstall aplikasi yang tidak kompatibel. Untuk mengatasinya kamu harus menghapus kembali aplikasi yang terakhir kali kamu install

3. Factory Reset

Jika kedua cara diatas masih belum berhasil, maka kamu bisa menggunakan cara factory reset yang artinya menghapus semua data ponsel Adnroid, sehingga nantinya ponsel kamu akan kembali seperti semula ke setelan pabrik. Factory reset ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk memperbaiki kerusakan pada tombol back dan home.

Namun, sebelum melakukan cara ini kamu wajib backup semua data. Mulai dari file-file penting, foto, video serta aplikasi. Sehingga setelah proses factory reset ini selesai, kamu masih bisa mengembalikan data-data tersebut ke ponsel kamu lagi.

4. Gunakan Aplikasi Pengganti Tombol Home dan Back

Pada android, tombol back tidak berfungsi sebenarnya disebabkan banyak hal. Salah satunya karena terlalu sering dipakai.

Oleh karena itu, sebagai pengganti tombol back dan home kamu bisa menginstall beberapa aplikasi seperti navigation bar, soft keys, dan back button.

5. Gunakan Aplikasi Assitive Touch untuk Android

Banyak sekali penyebab tombol back dan home tidak berfungsi. Selain karena root, bisa juga karena virus atau mungkin tombolnya yang sudah  rusak secara fisik.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan alternatif lain yaitu tombol Assitive touch untuk android. Jika kamu sudah menggunakan iphone, maka kamu akan familiar dengan aplikasi ini.

Jika kamu menggunakan tombol Assituve touch ini, pada ponsel kamu akan ada tombol virtual yang melayang dilayar ponsel.

Jika di klik, maka akan ada pilihan tombol home dan back. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan untuk mengganti tombol back dan home yang tidak berfungsi di ponsel kamu.

6. Bawa Ponsel ke Service Center

Jika kamu sudah menggunakan semua cara diatas, tapi tombol home dan back di ponsel kamu masih tidak berfungsi. Maka mau tidak mau kamu harus membawanya ke service center terdekat.

Ini ada;ah langkah terakhir yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin ponsel kamu ingin kembali normal. Karena bisa saja masalah yang terjadi dengan ponsel kamu bukan masalah pada software, melainkan pada hardware.

Demikianlah beberapa cara mengatasi tombol home dan back yang tidak berfungsi di android yang dapat kami sampaikan dan bisa kamu coba jika mengalamai masalah pada ponsel kamu.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>