Cara Mengatasi HP Android Lemot

cara mengatasi hp android lemot

Secanggih-canggihnya HP Android, lama kelamaan kinerja dari HP tersebut bisa lemot. Hal ini bisa dipastikan dari berbagai macam aspek. Diantaranya dari usia pemakaian, terdapat virus atau malware dan masih banyak penyebab lainnya yang bisa membuat HP Android menjadi lemot.

Oleh karena itu, adakah cara mengatasi HP Android agar tidak lemot? Tentu saja ada, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi agar HP Android tidak lemot.

Dengan mengikuti cara ini, kamu bisa memuat kinerja pada HP Android semakin cepat, layaknya seperti HP baru pada umumnya.

Jika ingin update informasi seputar teknologi, selain dari cara mengatasi HP Android lemot, kamu bisa mengunjungi situs web winstrix. Di dalamnya ada beragam informasi menarik yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Upgrade pengetahuan teknologi dengan mengunjunginya!

Perbaharui Sistem Operasi Android

HP Android yang kamu gunakan terasa lemot kinerjanya? Hal ini bisa jadi karena sistem operasi pada Android tersebut belum diperbaharui.

Walaupun terlihat sepele, namun perkara ini sangat penting untuk diperhatikan. Kenapa? Agar bisa melindungi perangkat Android agar tidak lemot.

Oleh karena itu, kamu harus pastikan bahwa sistem operasi pada perangkat Android itu harus sudah diperbaharui. Caranya cukup mudah, silahkan masuk ke menu setting -> about -> device -> software update -> dan tap menu chek for update.

Jika setelah melakukan pemeriksaan dan ternyata ada pemberitahuan mengenai pembaruan sistem operasi, maka segera lakukan pembaruan pada sistem operasi tersebut.

Setelah melakukan pembaruan, biasanya terdapat fitur-fitur baru yang bisa digunakan pada perangkat Android.

Perhatikan Kapasitas Memori

Apapun jenis HP-nya, berapa harga pasarnya, pasti HP tersebut mempunyai yang namanya memori internal. Begitu juga dengan HP yang kamu gunakan, di dalamnya terdapat memori internal yang jumlahnya sekian GB.

Perlu diketahui, masing-masing HP mempunyai kapasitas memori yang berbeda. Ada yang 16 gb, 32 gb, 64 gb, 128, 256 bahkan ada yang sampai 500 gb.

Biasanya kapasitas tersebut disesuaikan dengan spesifikasi pada HP yang digunakan.

Kembali ke topik awal, yaitu cara mengatasi HP Android agar tidak lemot, kamu harus memeriksa kapasitas memori internal.

Terlebih bagi kamu HP-nya yang kapasitas memorinya terbatas. Walau ini terlihat spele, namun sangat penting terhadap kinerja HP.

Kenapa? Selain RAM, kapasitas memori internal juga sangat berpengaruh terhadap performa HP Android.

Maka dari itu, pastikan memori internal pada HP yang kamu gunakan masih ada ruang, paling tidak sekian GB. Jika setelah diperiksa dan ternyata penuh, silahkan hapus aplikasi atau data yang tidak penting.

Dengan begitu, ruang penyimpanan di dalam memori internal akan berkurang dan hasilnya kinerja dari HP Android tidak akan lemot.

Jika tidak ingin HP Android yang kamu gunakan lemot, maka jangan lupa untuk memeriksa ruang penyimpanan internal, ya!

Jangan Memasang Aplikasi yang Berat

Perlu diperhatikan, memasang aplikasi yang berat itu dapat memepengaruhi kinerja HP Android. Jika aplikasi tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada pada HP Android, hal ini bisa membuat kinerja HP menjadi lambat.

Misal memasang aplikasi game yang berat seperti PUBG, COD, Genshin Impact dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana solusinya untuk mengatasi agar HP Android tidak lemot? Yaitu dengan cara memasang aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan saja.

Dengan begitu, kinerja pada HP tersebut tidak akan terganggu dan kamu pun selalu nyaman ketika menggunakannya.

Reset Ulang HP

Terakhir, cara untuk mengatasi HP Android yang lemot adalah, reset ulang. Cara ini sangat efektif, namun ada resiko yang harus ditanggung oleh pemilik HP. Yaitu kehilangan seluruh data di dalamnya.

Biasanya cara ini dilakukan ketika sudah melakukan beberapa cara di atas namun tidak berhasil.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>