Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Android

Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Android

Kadang-kadang browser di Android terbuka sendiri padahal Anda tidak membukanya sama sekali, hal tersebut tentu sangat mengganggu.

Biasanya kejadian tersebut terjadi saat Anda sedang menggunakan Android tersebut untuk suatu aktivitas, baik chatting, bermain game, bahkan saat hanya melihat foto-foto di galeri.

Secara tiba-tiba browser yang terpasang di HP Android Anda terbuka sendiri dan membuka sebuah website yang mungkin Anda sendiri tidak tahu pasti tentang website tersebut.

Penyebab Browser Android Terbuka Sendiri

Melansir dari Kang Flash, masalah tersebut bisa terjadi karena adanya virus yang berjenis Adware di HP Android Anda.

Adware adalah virus yang dapat menginstall dirinya sendiri, dan berjalan tanpa sepengetahuan pemilik perangkat tersebut.

Virus jenis ini biasanya akan memunculkan iklan pop-up di layar, hingga membuka sebuah website iklan melalui browser secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di HP Android

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa Adware merupakan sebuah virus yang berwujud aplikasi, maka cara mengatasinya cukup mudah.

Berikut solusi yang bisa Anda coba, Semoga berhasil.

1. Cari dan Hapus Aplikasi Penyebabnya

Karena penyebab virus tersebut berasal dari aplikasi, maka Anda harus mencari aplikasi yang mencurigakan dan berpotensi menjadi pemicu dari Adware tersebut.

Biasanya aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang kamu install tidak dari Google Play Store atau mendownloadnya melalui situs tertentu.

Atau aplikasi pembawa Adware juga bisa jadi sebuah aplikasi yang secara tiba-tiba muncul di Android Anda padahal Anda tidak menginstalnya.

Jadi coba untuk ingat-ingat adakah sebuah aplikasi yang memiliki kriteria dari yang sudah saya sebutkan di atas.

Jika memang ada, segera hapus aplikasi tersebut. Berikut caranya:

  1. Buka Settings lalu pilih Apps.
  2. Cari aplikasi yang Anda curigai menjadi penyebab Adware.
  3. Setelah itu, silahkan Uninstall aplikasi tersebut.

Setelah melakukan uninstall, sebaiknya segera restart perangkat Android Anda.

2. Gunakan Antivirus

Jika Anda kurang yakin dan tidak bisa menemukan aplikasi yang mencurigakan, Anda bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan memasang Antivirus.

Anda bisa mencari dan mendownload salah satu Antivirus yang tersedia di Google Play Store, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Saya sarankan untuk menggunakan Antivirus yang sudah cukup terkenal, seperti Avast, Kaspersky, ESET, Bitdefender, Avira, Norton, dan sebagainya.

Setelah Anda memasang Antivirus di perangkat Android, segera lakukan proses scanning untuk mencari dan menghapus adware yang ada di Android Anda.

Sebaiknya lakukan full scan agar pencarian virus lebih mendalam dan menyeluruh.

Setelah melakukan proses scanning, jika ditemukan virus apapun sebaiknya langsung hapus virus tersebut dari perangkat Anda. Jangan lupa untuk melakukan restart setelahnya.

3. Reset Android

Jika dengan melakukan kedua cara di atas masalah browser terbuka sendiri belum juga teratasi, maka solusi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan factory reset.

Hal ini diperlukan karena beberapa adware memang susah untuk dihilangkan, dan satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset ulang Android.

Namun untuk melakukannya, Anda harus sudah siap kehilangan semua data yang ada di Android Anda. Tapi tenang, dengan melakukan cara ini adware di HP Anda 100% akan terhapus.

Berikut cara melakukannya:

  1. Buka Settings Android Anda.
  2. Cari dan pilih menu Backup and Reset atau Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Pilih opsi Factory Reset atau Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi browser terbuka sendiri di Android. Setelah Anda berhasil mengatasinya, kini Anda harus berhati-hati lagi dalam menginstall aplikasi.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>