Cara Mengatasi Blue Screen Pada PC/Laptop

Salah satu permasalahan yang sering kali muncul bagi pengguna Windows adalah adanya Blue Screen. Masalah yang satu ini bisa saja terjadi dan menyerang baik itu pada PC ataupun Laptop. Blue screen atau Blue Screen of Death (BSOD) merupakan kondisi dimana Windows hanya akan menampilkan warna biru pada layar monitor.

Cara Mengatasi Blue Screen pada PC/Laptop dapat dilakukan dengan beberapa metode, namun sebelum itu Anda harus tahu penyebab masalah Blue Screen ini bisa terjadi agar Anda bisa mengatasinya nanti.

Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mengalami Blue Screen pada PC/Laptop, Artikel dari piwiq.id ini akan membantu Anda untuk mengetahui beberapa penyebab terjadinya Blue Screen dan cara untuk mengatasi permasalahn trsebut.

Penyebab Blue Screen Pada PC/Laptop

Penyebab terjadinya Blue Screen ini juga bisa disebabkan dengan adanya kerusakan baik itu pada hardware maupun software yang mengalami crash terlalu parah.

Crash ini terjadi karena adanya proses ketika Windows bertemu dengan Error STOP yang kemudian menyebabkan kegagalan dari berprosesnya Windows dan menyebabkan Windows berhenti untuk bekerja.

Berikut adalah beberapa pesan error Blue Screen atau BSOD:

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Penyebabnya:

  • Driver Audio card yang terpasang tidak cocok atau tidak terpasang dengan benar.
  • Driver hardware yang terinstall di PC/Laptop tidak cocok.
  • VGA card belum terinstall atau driver yang sudah terinstall tidak cocok.

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Penyebabnya:

  • Terdapat kerusakan di partisi atau file systemnya, namun bukan berada di harddisk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Penyebabnya:

  • Overheat (suhu pada PC/Laptop terlalu panas).
  • BIOS PC/Laptop yang corrupt.
  • Processor yang corrupt.
  • Overclocking yang berlebihan.

4. DATA_BUS_ERROR

Penyebabnya:

  • Slot atau memory (RAM) terdapat kerusakan.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Penyebabnya:

  • Terjadinya kerusakan pada hardware PC/Laptop, terutama pada Memory (RAM), atau VGA, ataupun memory pada processor.

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Penyebabnya:

  • Bisa disebabkan oleh posisi jumper pada harddisk yang salah, maupun bisa juga karena Driver IDE controller yang salah dan bisa terdapat Virus Boot sector.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Penyebabnya:

  • Terjadinya kesalahan pada saat installasi driver VGA.

8. BAD_POOL_CALLER

Penyebabnya:

  • Pada saat installasi OS terdapat kesalahan (biasanya terjadi pada Windows XP).

Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 7, 8, dan Windows 10

1. Menggunakan Safe Mode dan System Restore

Cara mengatasi Blue Screen di PC/Laptop yang pertama adalah memanfaatkan fitur Safe Mode yang ada pada Windows, Jika Blue Screen baru saja terjadi pada PC/Laptop, maka sebaiknya Anda menggunakan System Restore untuk mengatasinya.

Hal ini akan membuat PC/Laptop Anda kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software.

Berikut caranya:

  • Pertama, matikan PC/Laptop Anda saat mengalami blue screen dengan cara menekan tahan tombol power selama beberapa detik. Pastikan hingga lampu indicator pada PC/Laptop sudah menandakan bahwa PC/Laptop Anda benar-benar mati sepenuhnya.
  • Kemudian nyalakan kembali PC/Laptop Anda dengan menekan tombol power, saat proses booting sedang bejalan tekan tombol F8.
  • Ketika muncul menu, Anda pilih saja Safe Mode untuk masuk ke mode aman Windows.
  • Setelah masuk ke Safe Mode, klik Start > Control Panel > System & Security > Open System Restore > Pilih Next > Next lagi > kemudian pilih Finish > dan Yes
  • Jika sudah, PC/Laptop akan melakukan restart, tunggu proses bootingnya hingga sampai selesai dan muncul home screen seperti biasa. Cara pertama ini cukup efektif untuk memperbaiki PC/Laptop yang sering mengalami blue screen.

2. Menggunakan Metode Repair Windows

Jika cara diatas belum berhasil untuk mengatasi Blue Screen pada PC/Laptop dalam kondisi yang semula, selanjutnya Anda juga bisa menggunakan metode Repair System Operasi Windows. Cara ini digunakan untuk mengatasi masalah Blue Screen di PC/Laptop yang biasanya terjadi karena ada file Windows yang corrupt.

Untuk mengatasi masalah Blue Screen di PC/Laptop menggunakan metode Repair System Operasi Windows, Anda memerlukan DVD yang berisi operasi system Windows yang kemudian digunakan untuk melakukan repair pada Windows.

3. Menggunakan Cara Scan Virus dan Malware

Jika masih belum berhasil juga, mungkin masalahnya ada virus dan malware yang mengganggu kinerja PC/Laptop Anda. Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Untuk mengatasi masalah Blue Screen di PC/Laptop, solusinya adalah dengan melakukan scan antivirus pada Malware.

4. Melakukan pengecekan pada Hardware

Blue Screen bisa saja terjadi akibat adanya data yang crash, baik itu dari software maupun karena hardware-nya. Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian hardware dengan melakukan cek pada bagian Hard disk terlebih dahulu. Hard disk yang memiliki kondisi yang sudah rusak maupun kurang baik juga bisa menyebabkan terjadinya Blue Screen pada PC/Laptop Anda.

5. Melakukan Install Ulang pada Windows

Jika PC/Laptop Anda belum kembali ke kondisi yang baik dan masih sering terjadi Blue Screen, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan install ulang Windows.

Cara ini untuk memperbarui sistem operasi secara keseluruhan sehingga jika ada bug ataupun corrupt pada data akan terperbaiki.. Namun, jika cara ini belum juga berhasil maka masalahnya adalah terletak pada hardware dari perangkat PC/Laptop Anda.

Itulah beberapa ulasan yang membahas tentang  beberapa penyebab terjadinya Blue Screen di PC/Laptop dan cara mengatasi masalah Blue Screen pada PC/Laptop. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>