Cara Mengaktifkan Bluetooth Laptop

Cara Mengaktifkan Bluetooth Laptop

Bluetooth merupakan perangkat yang sudah ada sejak dulu yang berfungsi untuk mengirim dan menerima data dari perangkat lainnya. Bagi pengguna HP Nokia jaman dulu, pasti sangat kenal dengan bluetooth karena sering menggunakannya untuk mengirim musik. ūüėÄ

Selain pada HP, perangkat bluetooth ini juga ada pada laptop ataupun komputer. Dengan ini, tentu pemindahan file akan lebih cepat daripada harus menggunakan kabel data. Tapi ada catatan juga ya, file tersebut diusahakan tidak terlalu besar, kalau terlalu besar prosesnya pasti lama.

Kecepatan transfer bluetooth juga bergantung pada versi, semakin tinggi versinya sudah pasti semakin cepat. Perlu Anda ketahui, saat ini versi bluetooth terbaru sudah 5.0 yang artinya memiliki kecepatan lebih dibandingkan versi sebelumnya.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Bagi Anda pengguna laptop, apakah sudah tahu cara mengaktifkan bluetooth? Atau, malah baru tahu kalau laptop ada bluetoothnya? Hehe, tenang saja, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan langkah-langkahnya secara detail.

Untuk mengaktifkan bluetooth di laptop, sebenarnya sangat mudah kok. Cuma, kalau memang belum tahu ya akan bingung juga. Baiklah, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

1. Install Driver

cara mengaktifkan bluetooth di laptop

Pertama, Anda harus menginstall driver terlebih dahulu agar bisa menggunakan bluetooth. Driver ini berfungsi agar perangkat bluetooth terdeteksi oleh laptop, karena tanpa driver ini bluetooth tidak bisa berfungsi. Secara default, laptop yang baru sudah otomatis terinstall drivernya.

Namun, tidak ada salahnya juga Anda tetap mengecek apakah driver sudah terinstall atau belum. Jika ternyata belum, silahkan install dengan download di website resmi laptop milik Anda. Oh ya, pastikan juga Anda memilih versi terbaru ya.

Selain melalui website resmi, Anda juga bisa menggunakan CD Driver yang disertakan ketika pembelian laptop. Biasanya, CD tersebut berada di dalam kardus laptop. Jika Anda masih menyimpannya, maka Anda bisa menggunakan CD tersebut untuk install driver bluetooth.

2. Aktifkan Bluetooth

Cara Mengaktifkan Bluetooth Laptop

Setelah driver berhasil terinstall, maka Anda sudah bisa menggunakan bluetooth untuk mengirim dan menerima file. Untuk menggunakannya, maka Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan bluetooth laptop.

2a. Tombol Keyboard

Di keyboard, biasanya akan ada tombol pintasan yang berfungsi untuk mempercepat suatu perintah. Anda juga bisa mengaktifkan bluetooth laptop menggunakan tombol keyboard. Caranya sangat mudah, silahkan Anda cari tombol yang ada logo bluetoothnya. Setelah itu, tekan tombol Fn+ tombol yang ada logo bluetooth.

Bagi yang belum tahu, tombol Fn ini adalah tombol yang berfungsi untuk mengaktifkan tombol pintasan yang terdapat pada keyboard. Jadi, Anda bisa mengkombinasikan semua tombol pintasan dengan tombol Fn ini.

2b. Melalui Pengaturan

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengaktifkan bluetooth adalah pengaturan. Microsoft memang sudah menyediakan pengaturan untuk mengontrol hampir semua fungsi Windows, termasuk bluetooth. Untuk caranya, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama, klik¬†Start dan ketikkan¬†Bluetooth. Silahkan pilih pengaturan bluetooth, kalau pada Windows 10 maka tulisannya¬†Bluetooth and other devices settings.
  • Nanti akan ada tulisan bluetooth, silahkan klik toggle hingga¬†On.
  • Selesai.

Setelah mengaktifkan bluetooth, maka Anda sudah bisa mengirim dan menerima file secara bebas. Anda bisa menghubungkannya dengan smartphone maupun dengan sesama laptop.

Demikianlah cara mengaktifkan bluetooth di laptop yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>