Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Cara mendapatkan uang dari internet kini semakin mudah. Beberapa teknik mendapatkan uang dari internet bahkan hanya membutuhkan sebuah smartphone dengan koneksi internet memadai saja. Beberapa pekerjaan yang menghasilkan uang bisa dilakukan tanpa memerlukan skill khusus tertentu.

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Cocok Buat Sampingan

1. Mengelola Website atau Blog

Mengelola website terbukti mampu mendatangkan sejumlah pundi-pundi uang ke kantong kita. Meski memang tidak semua pengelola website maupun blogger dapat sukses di internet, namun setidaknya dengan pemahaman yang mumpuni serta kerja keras maka semua orang berkesempatan untuk sukses.

Apabila kamu ingin menghasilkan uang dari website atau blog, maka kuncinya adalah kesabaran. Cara ini membutuhkan kerja keras terutama jika kamu memulai dari nol dan tanpa bantuan siapapun. Jika kamu belum memiliki topik khusus untuk dibahas, maka cobalah pilih topik yang umum.

Tips sukses dalam mengelola website adalah kamu harus membuat konten yang bagus. Usahakan jangan copy paste konten dari website lain. Carilah informasi sedalam-dalamnya kemudian sajikan tulisanmu dengan baik. Pelajari juga hal-hal berkaitan dengan SEO.

Memperoleh uang dari website atau blog bisa didapatkan dari:

  • Membuka layanan iklan berbayar
  • Menjalin kerjasama produk afiliasi
  • Menyelenggarakan kursus online maupun menjual materi belajar

Jika website sudah berjalan dengan stabil, maka uang akan masuk ke rekening kamu secara otomatis setiap bulannya. Hal ini karena setiap pengunjung yang membaca kontenmu yang lama akan menambah pundi-pundi Rupiah.

2. Menjadi Penulis Artikel Lepas

Jasa penulis artikel lepas kini semakin banyak dicari seiring dengan semakin tingginya tingkat persaingan website dan blog di mesin pencari. Para pemilik website dan blog biasanya menggunakan jasa penulis artikel untuk mengisi konten di websitenya secara rutin setiap hari.

Hal ini dilakukan agar peringkat website di mesin pencari semakin tinggi dan bisa bertahan di halaman pertama mesin pencarian. Oleh karena itu, kebutuhan akan penulis yang berkualitas dan memiliki kemampuan dalam menulis berkonsep SEO semakin besar.

Ada banyak keuntungan menjadi penulis lepas. Pertama, kamu bisa mendapatkan uang darimanapun kamu berada dan kapanpun kamu sempat menulis. Kedua, ini bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan karena tidak membutuhkan modal sama sekali.

3. Admin Sosial Media

Kamu ingin mencari tambahan penghasilan tanpa perlu berpindah dari lokasi tempat tinggalmu sekarang dan bisa dikerjakan dari mana saja? Admin sosial media bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan mudah yang cocok dijadikan samping hari ini.

Pekerjaan ini juga sangat cocok dikerjakan oleh ibu rumah tangga yang ingin mendapat tambahan penghasilan dari rumah. Tugas admin sosial media berbagai macam tergantung kebijakan perusahaan.

Beberapa membutuhkan admin yang memiliki kemampuan membuat caption untuk konten, riset konten hingga copywriting. Namun, beberapa perusahaan hanya membutuhkan admin sosial media untuk upload konten yang sudah jadi serta berinteraksi dengan aktif ke audiens di sosial media.

4. Membuka Toko Online

Toko online kini memang sangat gencar diincar banyak orang, baik mereka yang mengelola bisnis kecil dan menengah hingga perusahaan besar. Toko online mampu meningkatkan identitas bisnis sehingga brand kamu akan lebih dikenal banyak orang.

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membangun toko online seperti WooCommerce dan WordPress. Ada banyak contoh toko online sukses yang bisa kamu pelajari cara pengembangannya seperti Beardbrand, SkinnyMe Tea serta Ratio Coffee.

Jika kamu belum mampu menciptakan produk sendiri, kamu bisa menjual produk orang lain kemudian mengemasnya dengan nama brandmu.

5. Menjadi Manajer Sosial Media

Cara mendapatkan uang dari internet berikutnya yang kini sedang banyak digandrungi karena dapat dijalankan darimanapun serta kapanpun adalah menjadi manajer sosial media. Manajer sosial media dibutuhkan baik untuk perusahaan besar, brand produk hingga influencer dengan jutaan pengikut.

Keberadaan media sosial hari ini mempunyai peran penting dalam membangun reputasi online sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Oleh karena itu sosial media harus dikelola sebaik mungkin. Untuk uang yang didapatkan sendiri bervariasi mulai dari 10 Dollar hingga 50 Dollar. 

Tentu saja semakin besar tanggung jawab yang dipegang, semakin tinggilah pendapatan yang diperoleh. Kamu bisa coba mendaftar di platform freelance seperti Upwork untuk menawarkan jasa kelola akun media sosial.  

6. Jasa Pembuatan Caption

Masih berkaitan dengan media sosial, salah satu jasa yang ikut muncul untuk membantu para pegiat sosial media meningkatkan engagementnya adalah jasa pembuatan caption. Jasa pembuatan caption ini diberikan baik untuk bisnis hingga pribadi, seperti untuk para influencer terkenal.

Pendapatan yang diperoleh dari jasa pembuatan caption sendiri sangat bervariasi. Dalam satu bulan, salah satu jasa penyedia pembuatan caption mengaku bisa mendapat pendapatan mencapai Rp 40 juta. Tips untuk sukses melakukan pekerjaan ini adalah mempelajari teknik copywriting dan SEO.

7. Freelancer Data Entry

Pegawai lepas data entry banyak dibutuhkan mengingat pekerjaan data entri adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu dan cukup melelahkan. Pekerjaan data entry tidak semuanya membutuhkan keahlian khusus, beberapa bahkan hanya membutuhkan keahlian sederhana.

Beberapa bisnis membutuhkan freelancer data entry untuk menginputkan data dari formulir ke dalam sistem. Selain itu, kini juga muncul jasa ketik captcha untuk perusahaan. Biasanya pendapatan yang diperoleh untuk 1000 captcha sebesar 1 Dollar.

Pekerjaan ini cocok sebagai sampingan karena bisa dikerjakan selagi santai atau di sela-sela pekerjaan utama.

8. Jasa ProofReader

Jasa proofreading adalah jasa pengecekan tulisan pada dokumen, buku maupun artikel untuk melihat apakah terdapat kesalahan penulisan seperti typo, tata bahasa, hingga format penulisan. Proofreading adalah tahapan penting yang harus dilakukan sebelum dokumen siap terbit.

Jasa proofreader dapat dikerjakan di kala senggang, baik sembari berbaring. makan, duduk santai dan sebagainya. Meski terlihat mudah, namun jasa ini terbukti cukup menghasilkan jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Bahkan seorang proofreader profesional bisa memperoleh uang mencapai ribuan Dollar dalam sebulan.  

9. Menyediakan Jasa Transkripsi atau Subtitle

Jasa transkripsi adalah jasa yang diberikan untuk mengubah audio percakapan ke dalam sebuah teks sesuai bahasa aslinya. Namun, apabila pemberian teks diberikan dalam bahasa berbeda dari bahasa pada audio, maka pekerjaan tersebut adalah memberikan subtitle pada audio atau video.

Banyak perusahaan membutuhkan jasa ini dalam rangka promosi produk di websitenya. Biasanya transkripsi dilakukan pada video atau audio talkshow peluncuran produk perusahaan. Penghasilan seorang transcriber profesional bisa mencapai 25 Dollar per jamnya.

10. Menjual Foto Digital

Kini siapapun bisa menjual hasil karya foto digitalnya. Tidak harus menjadi seorang fotografer profesional untuk mendapatkan uang dari karya foto. Berbekal kamera kamu pun bisa melakukannya.

Masih banyak cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu lakukan. Keuntungannya adalah kamu dapat melakukannya dari manapun dan sembari melakukan aktivitas apapun. Namun tentu saja pekerjaan ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sabar. 

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>