Belajar Cara Menanam Sayur di Polybag

Bagi sebagian orang, kegiatan berkebun merupakan suatu kegiatan yang mengasyikkan. Selain untuk mengisi kesibukan juga bisa dijadikan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pangan harian termasuk sayuran. Dengan menanam sayur sendiri Anda bisa memenuhi kebutuhan sayur untuk keluarga tanpa harus membelinya. Saat ini ada metode praktis yaitu cara menanam sayur di polybag.

Terkadang keinginan untuk menanam sayur dirumah terhalang oleh ketersediaan lahan. Apalagi jika Anda tinggal di perumahan yang memang memiliki sisa lahan kosong sedikit. Dengan sistim polybag ini, Anda akan dengan mudah menanam berbagai jenis sayuran tanpa membutuhkan lahan yang luas. Metode ini juga cukup praktis karena proses penanaman serta perawatannya yang terbilang sederhana.

Cara Menanam Sayur di Polybag

Masing-masing jenis tanaman memiliki karakteristik tersendiri yang berpengaruh pada pola tanamnya. Untuk jenis sayuran berdaun akan hidup dengan baik pada media tanam yang memiliki struktur tanah yang gembur agar akar mudah menembus tanah. Dengan pola tanam menggunakan polybag, Anda bisa menanam sayur dengan mudah dan murah. Cara untuk menanam sayur dengan sistim polybag ini adalah:

  1. Menanam Sayur Secara Organik
  2. Siapkan media tanah yang baik sebagai tempat untuk akar tumbuh dan berkembang guna menopang tanaman. Media tanam juga mempunyai kegunaan untuk memberikan nutrisi pada tanaman. Pada sistim polybag ini akan menggunakan media tanam pengganti tanah yang memiliki sifat biologi, kimia, dan fisika sesuai kebutuhan tanaman.
  • Ayak tanah yang gembur dan subur hingga menjadi butiran halus. Usahakan tanah selalu dalam kondisi kering agar bahan yang akan dicampur bisa merata.
  • Siapkan pupuk kompos matang. Lakukan pengayakan pada bahan pupuk tersebut hingga menjadi butiran halus juga.
  • Siapkan arang sekam yang sudah jadi secukupnya.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut dalam satu wadah besar. Perbandingan dari tanah, pupuk kompos, dan arang sekam adalah 2:1:1, kemudian aduk hingga tercampur sempurna.
  • Masukkan campuran bahan tersebut ke dalam polybag dan siap untuk menanam sayur.
  1. Tanam bibit sayuran yang telah Anda siapkan pada polybag yang telah diisi oleh media tanam.
  2. Sirami tanaman setiap sore hingga tanaman tumbuh dan berkembang dengan optimal.
  3. Rawat tanaman dengan membersihkan dan mencabut rumput yang tumbuh di sekitar tanaman, agar nutrisi yang ada pada media tanaman tidak direbut oleh rumput liar.
  4. Menanam Sayur Secara Sederhana
  5. Ambil tanah kebun dan campurkan dengan pupuk kAndang atau pupuk kompos matang. Tambakan pasir dengan takaran 1:1.
  6. Lubangi polybag terlebih dahulu agar dapat mengalirkan air yang berlebih sehingga tidak menggenang di dalam polybag.
  7. Masukkan campuran bahan pupuk yang telah tercampur merata ke dalam polybag.
  8. Tanam bibit sayuran yang telah disiapkan. Usahakan untuk memilih bibit tanaman dnegan kualitas unggul dan bebas hama.
  9. Beri pupuk kimia secara berkala dengan rentang waktu 30 hari.
  10. Selalu rawat tanaman dengan cara membersihkan rumput yang tumbuh, meyirami tanaman secara teratur, dan memberikan pupuk agar tanaman tidak terserang oleh hama penyakit.

 

Cara menanam sayur di polybag termasuk cukup mudah. Hal yang paling penting Anda lakukan adalah menyiapkan media tanam dan juga bibit sayur yang baik. Polybag ini bersifat fleksibel sehingga bisa Anda pindahkan sesuai kondisi tempatnya. Untuk mengetahui berbagai hal tentang tanaman dalam polybag, Anda bisa mencoba untuk membuka website TaniMuda yang menyediakan berbagai macam info tentang metode polybag.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>