Cara Memulai Bisnis Studio Foto

Cara-Memulai-Bisnis-Studio-Foto

Bisnis studio foto di era sekarang tergolong menjanjikan.

Hal ini karena tren media sosial Instagram menjadikan orang berlomba-lomba untuk memiliki foto dengan kualitas terbaik.

Tak heran, banyak orang mulai mencari cara untuk memulai bisnis studio foto.

5 Cara untuk Memulai Bisnis Studio Foto

Bagi orang yang telah memiliki passion di bidang fotografi bisa memulai bisnis ini dengan mudah karena keterampilan dasar fotografi telah dimiliki.

Jika Anda seorang fotografer yang bermimpi punya studio foto sendiri, ikut langkah-langkah yang telah kami rangkum dari Bisabisnis.id berikut ini!

1. Tentukan jenis produk dan jasa

Seperti saat akan memulai usaha lainnya, memulai usaha studio foto juga harus dilakukan dengan banyak pertimbangan, salah satunya menentukan jenis produk dan jasa. Hal ini penting dilakukan untuk menentukan fokus usaha sedari awal.

Mungkin Anda bisa menyediakan berbagai macam produk dan jasa yang berkaitan dengan studi foto. Akan tetapi, sebaiknya tentukan produk dan jasa yang akan Anda berikan. Hal ini dilakukan untuk efisiensi modal dan tenaga.

2. Tentukan harga produk dan jasa

Menentukan harga produk dan jasa untuk studio foto memang gampang-gampang susah. Jika Anda memiliki kebingungan tentang hal ini, tak ada salahnya untuk menengok harga produk dan jasa di kompetitor Anda.

Pasanglah harga yang sewajarnya, tidak terlalu meninggikan atau merendahkan. Perhatikan pula pengeluaran-pengeluaran lainnya. Anda bisa memasang harga produk dan jasa agar konsumen Anda dapat melihatnya tanpa harus bertanya.

3. Tentukan tempat studio foto

Penentuan tempat usaha untuk studio foto harus dilakukan dengan banyak pertimbangan. Carilah lokasi yang strategis dan sekiranya belum ada usaha studio foto di sana. Namun, mengingat hampir semua usaha sekarang sudah menjamur, mungkin lokasi semacam itu sangat langka.

Anda dapat memilih tempat usaha studio foto di lokasi yang sekiranya banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi atau cetak foto. Lokasi yang berada di dekat kampus bisa dijadikan pilihan untuk membuka tempat usaha studio foto.

4. Lakukan strategi promosi

Hal yang tak kalah penting setelah menentukan tempat usaha yaitu melakukan strategi promosi. Karena produk dari usaha studio foto yaitu foto sendiri, sebaiknya strategi promosi dilakukan melalui media sosial Instagram. Tak menutup kemungkinan untuk mempromosikan usaha melalui media sosial lain.

Promosi secara konvensional juga tak bisa diragukan keampuhannya. Tawarkan jasa fotografi Anda kepada keluarga, saudara, teman-teman, kolega, dan sebagainya. Biasanya testimoni dari mulut ke mulut bisa mendatangkan pelanggan baru.

5. Lengkapi peralatan yang dibutuhkan

Modal dasar seorang fotografer tentu saja kameranya. Akan tetapi, jika ingin membuka usaha studio foto lengkapi peralatan penunjang lainnya. Pelengkap yang dimaksud bisa berupa peralatan pemotretran yang lebih lengkap, produk yang akan dijual, peralatan kantor, dan sebagainya.

Untuk peralatan pemotretan sendiri sebenarnya cukup dengan menggunakan kamera DSLR, eksternal flash, tripod, background foto, reflektor payung, satu unit komputer untuk mengedit hasil pemotretan, dan printer untuk mencetak foto.

Setidaknya itulah 5 langkah yang bisa dilakukan untuk bisa membuka studio foto sederhana. Anda bisa memperbesar usaha Anda nantinya, jangan terlalu memaksakan diri untuk memiliki studio foto yang besar dulu. Sebaiknya, Anda cari dulu konsumen atau pelanggan untuk usaha Anda.

Maksimalkan potensi Anda dan gencarkan strategi promosi untuk membuat usaha Anda diakui banyak orang. Cara memulai bisnis studio foto di atas mungkin terlihat mudah dibaca, tetapi Anda sendiri yang menentukan apakah benar-benar mudah ketika dijalankan atau tidak.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>