Cara Membuat Teks Eksposisi dan Contohnya

Cara Membuat Teks Eksposisi

Dari sekian banyak jenis teks bahasa Indonesia, salah satu di antaranya adalah teks eksposisi. Nah materi teks eksposisi ini bakalan sering kamu temui di sekolah. Bahkan soal-soalnya juga suka keluar ketika ujian. Jadi, cukup penting buat kamu untuk mempelajari materinya, termasuk materi cara membuat teks eksposisi.

Namun, sebelum kita memasuki ke cara membuat teks eksposisi, kita akan mempelajari dulu beberapa fungsi dan manfaatnya. Sudah siap? Oke langsung saja simak penjelasannya berikut ini ya!

Fungsi Teks Eksposisi

Fungsi teks eksposisi adalah mengungkapkan, menyampaikan, menerangkan dan menguraikan suatu gagasan dari hasil pemikiran pokok penulis mengenai suatu hal.

Hal yang dibahas bersifat ilmiah dan non-fiksi sehingga harus disertai dengan dasar argumen yang kuat.

Manfaat Teks Eksposisi

Manfaat teks eksposisi adalah menjelaskan isi pengembangan paragraf suatu karangan yang bersifat non-fiksi.
Jika tidak dibangun dengan strukturnya yang baik dan benar, teks eksposisi tidak akan memiliki manfaat ini. Sehingga pembaca bisa jadi kurang mengerti mengenai topik pembahasannya.

Cara Membuat Teks Eksposisi

Teks eksposisi berbeda dengan jenis teks deskripsi atau narasi. Teks eksposisi difungsikan untuk memaparkan suatu pokok pikiran atau pembicaraan secara terperinci.

Bisa diartikan juga sebagai tulisan yang berusaha untuk menguraikan dan menerangkan pokok pikiran penulis yang dianggap perlu saja kepada pembaca.

Sehingga pembaca bisa memperluas pengetahuan dan pandangannya terhadap topik yang dibahas.
Untuk membuat teks eksposisi yang baik dan benar, kamu tidak boleh sembarangan menulisnya. Setidaknya kamu perlu menampilkan data yang valid di dalamnya.

Agar bisa merangkai paragraf menjadi karangan eksposisi yang utuh, silakan pelajari cara membuat teks eksposisi di bawah ini.

1. Menentukan Tema

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema. Kamu bisa ambil tema dari hal-hal yang sedang hangat dibicarakan masyarakat untuk menarik lebih banyak pembaca.

Namun, pastikan kamu juga telah mempelajari dan mencari tahu secara rinci terlebih dahulu tema yang kamu ambil.

2. Menentukan Tujuan

Selanjutnya kamu harus menentukan tujuan. Tujuan yang dimaksud dalam hal ini tentu saja di luar dari tujuan teks eksposisi itu sendiri.

Apa yang ingin kamu capai setelah orang selesai membaca teks eksposisi buatan kamu? Apakah kamu ingin menyampaikan informasi baru? atau kamu ingin membetulkan stigma yang saat ini salah di masyarakat?

Yang pasti kamu harus bisa menentukan tujuan kamu membuat teks eksposisi ini secara tepat dan jelas.

3. Mengumpulkan Data yang Akurat

Data yang valid adalah salah satu syarat teks eksposisi. Oleh karena itu tahapan membuat teks eksposisi selanjutnya adalah mengumpulkan data.

Cari dan kumpulkan data yang valid serta akurat sebanyak-banyaknya. Kamu bisa memanfaatkan sebuah penelitian sebagai sumber data. Karena biasanya data penelitian sudah pasti kredibel dan benar.

Kamu juga dapat menampilkan data dalam bentuk infografis seperti statistik. Yang jelas gunakan data dan fakta yang sesuai dengan tema kamu.

4. Membuat Kerangka Karangan

Buatlah kerangka karangan eksposisi mengikuti struktur teks eksposisi yang sudah ditentukan. Kerangka ini berfungsi sebagai pola yang perlu kamu ikuti agar pembahasannya tidak melebar terlalu luas. Semakin kreatif kerangka yang kamu buat, maka akan semakin bagus juga hasil teks eksposisinya nanti.

5. Mengembangkan Karangan Menjadi Teks Eksposisi

Dan tahap terakhir adalah pengembangan paragraf kerangka. Gunakan pola-pola pengembangan teks eksposisi yang sudah disebutkan di atas.

Gunanya untuk mengembangkan paragraf pada kerangka yang sudah kamu buat. Hasil pengembangan paragraf tersebut akan membuat karangan kamu menjadi satu teks eksposisi yang utuh.

Itu dia tahapan singkat cara membuat teks eksposisi. Kamu bisa menggunakan cara di atas untuk menyelesaikan tugas membuat teks eksposisi atau menjadikannya sebagai acuan.

Nah biar kamu lebih mengerti lagi dan paham bagaimana caranya membuat teks eksposisi, sekalian deh berikut kami berikan juga satu buah contoh teks eksposisi yang diambil dari website Pendidikanpedia.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Virus Corona

Mencegah Penyebaran Virus Corona

Contoh Teks Eksposisi Tentang Virus Corona

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Virus Corona atau COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) adalah sebuah penyakit berupa virus yang sedang mewabah di dunia saat ini. Dengan korban terinfeksi mencapai angka 2 juta hingga saat ini, virus ini telah dinyatakan sebagai pandemi global.

Argumentasi

Pemberian status pandemi tersebut bukan tanpa alasan. Penyebaran virus Corona sangat cepat. Tidak hanya menginfeksi warga di negara pertama kalinya ditemukan, virus Corona ini juga menyebar ke seluruh dunia dengan sangat cepat.

Sudah puluhan negara mencatatkan dan mengemukakan banyaknya korban di tempat mereka. Tak sedikit juga dari mereka yang telah kehilangan nyawa. Hal tersebutlah yang menjadikan penyakit ini sangat ditakuti.

Banyak hal dan faktor yang bisa mempercepat begitu juga memperlambat penyebaran virus Corona, salah satunya adalah gaya hidup.

Gaya hidup masyarakat sangat berperan besar. Gaya hidup yang kurang bersih dan sehat dapat mendukung penyebaran pandemi ini.

Penegasan Ulang

Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kebersihan sekitar, perbanyak cuci tangan dan kurang interaksi sosial. Dengan semua pihak saling bekerja sama, semoga pandemi ini cepat berakhir.

Sekian pembahasan mengenai materi teks eksposisi dan cara membuat teks eksposisi yang baik dan benar beserta contohnya. Kalau ada yang masih kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya di kolom komen ya!

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>