Cara Membuat Kolam Ikan Dalam Rumah

kolam ikan dalam rumah

Kolam ikan adalah salah satu bagian yang menarik dalam sebuah rumah. Hadirnya kolam ikan di dalam rumah pastinya akan menambah estetika bangunan rumah itu sendiri.

Tapi bagaimana ya cara membuat kolam ikan dalam rumah yang sekiranya itu akan menambah daya tarik?

Cara Membuat Kolam Ikan Dalam Rumah

1) Tentukan Jenis Kolam

Langkah pertama yang harus dipertimbangkan adalah memutuskan jenis kolam yang ingin Anda bangun. Anda harus mempertimbangkan jenis kehidupan air apa yang Anda inginkan di kolam ikan tersebut.

Apakah itu akan menjadi rumah bagi ikan mas atau koi?

Atau perhatian utama Anda untuk tanaman air?

Mungkin Anda hanya menginginkan konsep kolam ikan untuk suara air terjun. Setiap jenis kolam perlu direncanakan untuk fitur spesifiknya.

Perlu diingat bahwa kesalahan yang paling umum dilakukan oleh tukang kebun air ketika membuat kolam adalah membuatnya terlalu kecil.

2) Pilih Lokasi yang Tepat

Sebagian besar kolam akan dinikmati lebih banyak jika dipasang di dekat rumah. Pilih area di mana Anda bisa melihat kolam kapanpun Anda mau.

Kolam adalah penarik hebat satwa liar termasuk burung dan kupu-kupu.

Pertama, posisikan kolam berada di belakang rumah atau di dekat ruang makan dan pastikan area tersebut tidak terkena rintikan air hujan.

Hal ini karena air hujan dapat membawa pupuk, bahan kimia, dan sampah organik ke dalam kolam. Mungkin perlu mengubah medan untuk mengakomodasi ini.

Kedua, hindari menempatkan kolam terlalu dekat dengan pohon jika nantinya Anda ingin menempatkan kolam dekat dengan teras depan rumah.

Daun yang jatuh dan puing-puing lainnya harus dikeluarkan dari kolam.

Anda harus menempatkan kolam Anda yang setidaknya terkena 4 hingga 6 jam sinar matahari langsung jika Anda ingin menanam bunga lili air.

3) Tentukan Ukuran Kolam Anda

Kolam yang dibangun untuk ikan koi harus memiliki kedalaman sekitar 90 cm atau lebih dalam lagi untuk memungkinkan ruang ikan yang lebih besar masuk ke dalam.

Sebagai catatan, kesalahan cukup sering adalah membangun kolam atau taman air terlalu kecil.

Kolam dengan ukuran besar akan jauh lebih stabil dan lebih mudah dirawat.

Perlu diingat bahwa ketika kolam ikan selesai, bangunannya akan sekitar 30% lebih kecil dari yang Anda bayangkan setelah Anda meletakkan bentuk, ukur panjang dan lebar maksimumnya.

Tambahkan kedalaman dua kali untuk pengukuran ini ditambah 30 cm – 50 cm untuk memberi Anda ukuran garis kolam.

4) Gali Kolam dengan Bentuk yang Diinginkan

Jika menyimpan tanaman di sekeliling kolam maka beri lebar sekitar 30 cm.

Gali sisa kolam dengan sedikit kemiringan ke ujung yang berlawanan dengan air terjun jika ada yang termasuk dalam desain

Posisikan setiap filter kolam eksternal dan/atau skimmer kolam dan ratakan di lokasi yang tepat.

Sebuah parit harus digali untuk pipa dari kolam ke air terjun atau filter kolam eksternal. Jika skimmer kolam digunakan, gali parit ke pompa kolam eksternal dan dari pompa ke filter kolam eksternal atau air terjun.

5) Tempatkan Pond Liner ke Dalam Galian dan Buka

Posisikan pond liner secara merata di kolam.

Cobalah untuk meminimalkan lipatan dan kerutan sebab setelah air ditambahkan, lipatan harus rata. Filter kolam eksternal atau tangki air terjun dapat diposisikan untuk membuat air terjun pertama.

6) Tempatkan Batu di Sekitar Tepi Kolam

Atur batu di sekitar tepi kolam dan lipat pond liner kolam di belakang batu hingga muncul sedikit di atas permukaan air.

Jika menggunakan batu kecil atau jika orang akan berjalan di sekitar tepi maka perlu menambahkan batu mortal untuk stabilitas kolam.

Isi kembali dengan tanah untuk menahan pond liner terhadap batu. Isi kolam dengan air dari atas dan kemudian amati sekali lagi kolam untuk memastikan kolam itu rata.

Saat kolam terisi, singkirkan kerutan dan buat lipatan seperlunya.

Apabila kolam ikan sudah selesai dibuat, maka masukkan ikan-ikan dan komponen lainnya yang dirasa perlu.

Saat merencanakan cara membuat kolam ikan dalam rumah, Anda harus  secara alami  berusaha untuk mengatur kolam senatural mungkin dan hindari bahan-bahan kimia yang merusak kolam Anda.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>