Cara Membuat Cerpen

Cara-Membuat-Cerpen

Seringkali seorang beranggapan bahwa cerita pendek hanyalah teks yang terdiri dari beberapa paragraf saja, namun kenyataannya tidak begitu. Saat akan menuliskan teks cerpen sendiri harus memperhatikan caranya terlebih dahulu.

Untuk menuliskan cerpen Anda harus memahami tata caranya untuk supaya cerita yang Anda tuliskan lebih terlihat menarik dan enak dibaca.

Ada beberapa tahapan supaya saat membuat tulisan cerpen Anda menjadi lebih mudah, yaitu sebagai berikut.

Cara Membuat Cerpen Dengan Mudah

#1. Menentukan Ide

Langkah awal cara membuat cerpen yaitu Anda harus terlebih menentukan ide terdahulu.

Jika Anda sudah dapat menentukan ide maka langkah selanjutnya Anda akan lebih mudah untuk menuliskan cerpen itu sendiri.

Dalam menentukan ide cerita tidak harus yang rumit- rumit. Peristiwa yang sering dialami setiap hari ataupun dirasakan dapat dijadikan bahan ide cerita. Ide ini bisa pula dijadikan sebagai judul cerita, misalnya memandang seseorang wanita cantik lagi menebar pesona, itu dapat jadi ide cerita sekalian bisa dijadikan judul, contoh: “ Wanita Tebar Pesona”.

Supaya dapat memperoleh ide cerita pada cerpen, Andapun juga dapat mencarinya dari bermacam berbagai sumber. Misalnya dari menyaksikan televisi, browsing internet, membaca novel, mengenang masalalu sendiri, serta masih banyak metode yang lain.

Kunci mencari ide cerita yaitu membuka seluas mungkin pengetahuan Anda, perkenankan ide- ide kreatif masuk ke dalam otak Anda. Bila telah memperoleh ide, tulislah dalam kertas ataupun notes di gadget Anda apapun idenya. Baru sehabis itu, Anda bisa memilah ide mana yang mau Anda kembangkan dalam cerpen.

#2. Menulis Dengan Gaya Bahasa Sendiri

Langkah kedua yang dapat Anda lakukan dalam membuat cerpen yaitu menuliskan ide yang telah ditentukan kemudian di tulis dengan gaya bahasa sendiri.

Karya cerita pendek Anda akan lebih mudah dikenal dan dipahami jika penulisan didalam cerpen yang Anda buat menggunakan bahasa gaya pribadi sendiri.

Sehingga ini juga dapat mempermudah proses dalam penulisan cerita pendek Anda sendiri, karena menggunakan bahasa yang sudah sering Anda gunakan.

#3. Membuat Alur dan Plot Cerita

Langkah yang penting didalam penulisan cerita pendek yaitu membuat alur dan plot cerita, ini merupakan unsur yang penting didalam membuat cerita pendek.

Plot cerita merupakan sebab- akibat yang membuat cerita berjalan dengan irama ataupun gaya dalam memperkenalkan ide dasar cerpen.

Seluruh kejadian yang terjalin di dalam cerita pendek wajib bersumber pada hukum sebab- akibat, sehingga plot jelas tidak mengacu pada jalan cerita, namun menghubungkan seluruh kejadian.

#4. Penokohan Cerita

Unsur didalam membuat cerpen yang tidak boleh ketinggalan selanjutnya yaitu penokohan.

Untuk penokohan cerita pendek harus menampakan hidup dan kenyataan sehingga nantinya pembaca akan merasakan kehadirannya didalam cerpen itu sendiri.

Untuk menganut ke cerpen modern saat ini maka cerita pendek bisa dikatakan berhasil apabila dapat menciptakan atau menimbulakan citra, watak dan karakter dari tokoh cerpen yang dibuat.

#5. Latar Setting

Cara membuat cerpen yang bisa Anda lakukan berikutnya yaitu menentukan latar setting pada cerita pendek.

Pada dasarnya latar setting ini untuk mengidentifikasi berupa waktu, tempat, dan suasana yang terjadi didalam cerita pendek.

Itulah beberapa langkah cara membuat cerpen yang dapat Anda lakukan, supaya bisa lebih mudah dalam penulisannya. Namun jika Anda masih merasa kurang puas silahkan kunjungi ulasan berikut ini mengenai contoh cerpen, karena didalamnya sudah ada beberapa penjelasan lebih lengkap mengenai cerita pendek.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>