Cara Cek Windows 10 Asli

Pas baru beli sebuah komputer, apa yang kalian lakukan pertama kali? Sebagian besar dari kita mungkin belum membiasakan diri ya untuk mengecek keaslian sistem operasi Windows yang dipergunakan di perangkat komputer tersebut.

Mulai sekarang kalian bisa lakukan kebiasaan itu. Manfaatnya adalah kalian tidak lagi mudah tertipu, apalagi kalo kalian beli komputer custom alias rakitan. Bayangin aja kalian sudah menunggu lama untuk komputer kalian, setelah dicoba di rumah, malah dikasih Windows palsu!

Untuk mengetahui cara cek Windows asli atau bukan, kalian bisa gunakan cara-cara yang akan kami berikan di artikel berikut. Yuk simak artikelnya yang kami kutip dari blog mrandyyp !

Cek dengan Menggunakan Settings

Khusus untuk Windows 10, kalian bisa gunakan cara satu ini.

  1. Pilih menu Start, kemudian pilih Settings
  2. Pilih menu Update & Security
  3. Di panel yang ada di sebelah kiri, pilih tab Activation
  4. Di panel sebelah kanan, kamu bisa lihat bagaimana status aktivasi Windows 10 perangkat komputer kamu. Kalo di bagian Activation ada tulisan “Windows is activated with a digital license” atau “Windows is activated with a digital license linked to your Microsoft account”, berarti syukurlah Windows 10 perangkat komputermu aman alias original dan sudah teraktivasi.

Cek dengan Menggunakan Control Panel

Selain cara di atas, kalian bisa pergunakan cara cek melalui Control Panel seperti berikut ini.

  1. Ketik This PC di bagian kolom Search Box.
  2. Ketika hasil pencarian sudah muncul, klik kanan pada This PC kemudian selanjutnya pilih Properties.
  3. Jendela pop-up System akan muncul. Di bagian Windows Activation, kamu bisa lihat status aktivasi OS Windows komputermu. Kalo tulisannya “Windows is activated” serta ada Product ID di bawahnya, itu tandanya Windows 10 kamu asli dan sudah teraktivasi. Mantaappp.

Cek dengan Menggunakan Command Prompt (cmd)

Kalo diperlukan, kamu bisa juga lho mengecek keaslian OS Windows 10 dengan memasukkan beberapa perintah di cmd.

Pertama-tama, buka dulu sistem Command Prompt dengan cara mengetik cmd di kotak Search, nanti akan muncul Command Prompt. Selanjutnya klik kanan pada Command Prompt tersebut, lalu pilih Run as administrator.

Lalu kamu tinggal masukkan perintah-perintah berikut ini:

  1. Masukkan perintah slmgr.vbs /xpr di Command Prompt kemudian Enter. Muncul jendela User Account Control, langsung klik Yes.
  2. Nantinya Windows Script Host akan terbuka. Kalo tulisan yang muncul adalah “The machine is permanently activated”, itu tandanya Windows 10 perangkat komputermu original. Tapiii kalo tulisan yang muncul “Volume activation will expire (tanggal tertentu)” berarti kamu belum beruntung alias OS Windows 10 kamu kemungkinan besar adalah bajakan.

Atau kamu juga bisa masukkan perintah berikut ini:

  1. Masukkan perintah slmgr.vbs /dli di Command Prompt kemudian Enter. Muncul jendela User Account Control, langsung klik Yes.
  2. Nantinya Windows Script Host akan terbuka. Kalo Windows 10 perangkat komputermu original, maka kamu akan bisa melihat sebagian Product Key serta status lisensi alias License Status bertuliskan Licensed. Tapi kalo yang muncul tulisannya Volume activation expiration date, renewal interval dan atau ada nama program third party aktivator lisensi OS Windows (misalnya KMSPico), maka sudah bisa dipastikan Windows 10 perangkat komputermu adalah bajakan.

Nah itulah cara-cara cek keaslian Windows 10 yang bisa kamu praktikkan di rumah. Pelajari dan hati-hati biar gak ketipu!

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>