5 Aplikasi Video Conference Terbaik Alternatif Zoom

aplikasi video conference terbaik

Sejak dimulainya pandemi virus COVID 19 ( Virus Corona ) mulai menyebar dan membuat warga resah, Pemerintah akhirnya membuat kebijakan tentang bekerja dan belajar dirumah atau yang biasa kita sebut dengan work from home.  Atas kejadian seperti ini tentu saja pengguna aplikasi video conference seperti zoom naik drastis.

Akan tetapi sekarang ini Zoom telah dihadapkan dengan sebuah permasalahan, yaitu soal privasi si pengguna. Hal ini tentu saja membuat sejumlah pengguna Zoom merasa khawatir ketika akan menggunakan platform yang satu ini.

Akan tetapi pada kesempatan kali ini mastekno akan memberikan solusi untuk masalah ini, untuk kalian yang merasa bosen atau juga khawatir akan masalah privasi yang sedang terjadi pada platfrom Zoom. maka berikut adalah beberapa aplikasi Video Conference alternatif yang dapat kalian gunakan.

 

Aplikasi Video Conference Terbaik

Semua aplikasi yang saya bahas dibawah ialah aplikasi gratis tanpa dipungut biaya sama seperti aplikasi Zoom. berikut adalah pembahasan lebih detail mengenai 5 Aplikasi Video Conference Selain Zoom :

 

1. Skype

Aplikasi atau Platfrom Skype dapat kalian gunakan sebagai Video Conference dengan jumlah peserta yang banyak melalui ” Meet Now “. Untuk jumlah maksimum peserta video conference bervariasi, tergantung dari platform serta perangkat kalian.

Aplikasi Skype memiliki fitur unggulan, diantaranya yaitu dapat merekam panggilan hingga 30 hari, Aplikasi ini juga dapat mengaburkan backgorund. dan aplikasi ini juga dapat membagikan presentasu untuk dibahas bersama rekan kerja kalian.

 

2. Google Hangouts Meet

Google juga mempunyai aplikasi video conference yang bisa kalian andalkan, aplikasi tersebut yaitu bernama Hangouts Meet. Aplikasi ini dapat kalian gunakan ketika akan meeting berbasis virtual dengan jumlah peserta sampai 250 orang.

Akan tetapi ketika kalian akan menggunakan fitur-fitur dengan maksimal, kalian diharuskan untuk berlangganan layanan G suite. Versi gratis dari aplikasi ini hanya dapat menerima sebuah panggilan video, dan tidak dapat membuat panggilan.

 

3. Jitsi Meet

Aplikasi Jitsi Meet ialah platfrom open source yang memungkinkan kalian dapat melakukan sebuah video conference dengan mudah. yang harus kalian lakukan ialah hanya membuka website jisti.org/jitsi-meet/ untuk melakukan sebuah panggilan video.

Aplikasi Jitsi Meet menawarkan berbagai fitur yang dapat kalain temukan pada aplikasinya, diantara lain ialah Jitsi Dekstop, dapat melakukan chatting, merekan video dan juga dapat melakukan ” Mengusir ” untuk kalian peserta yang nakal.

Aplikasi ini dapat menampung jumalah peserta samapi 75, serta juga dapat mengaburkan background, terintegrasi dengan Slack, Google Calender dan Office 365.

 

4.Facebook Messenger Desktop

Facebook juga tidak mau kalah dengan yang lain, Facebook juga meluncurkan Messenger untuk Destop Windows dan juga Mac. Dengan menggunakan aplikasi ii kalian dapat melakukan panggilan video conference dengan rekan kerja melalui Messenger.

Bukan hanya dapat melakukan video call, kalian juga dapat mengirim pesan, berupa teks atau foto dan juga video.  Kekurangan dari Facebook Messenger ialah hanya dapat menampung seperta dalam sebuah panggilan video grup hanya 8 orang, Jika kita bandingkan dengan platform Zoon yang dapat menampung peserta 100 hingga 500 tentu sangat berbeda jauh.

 

5.Cisco Webex

Platform Webex ialah aplikasi video conference yang sudah ada sejak tahun 90-an, dan kemudian di akusisi oleh Cisco di tahun 2007. Meski aplikasi ini diknela dengan aplikasi bisnis dan terus fokus dalam melayani perusahaan, akan tetapi untuk versi gratis dalam aplikasi ini dapat kalian coba dan gunakan.

Untuk versi gratis dari aplikasi ini dapat membuat panggilan dengan kapasitas 100 peserta serta tidak ada batasan 40 menit. Kalian juga dapat melakukan sebuah panggilan audio yaitu hanya sebuah suara saja tanpa adanya video.

 

Ulasan tadi merupakan beberapa Aplikasi Video Conference selain Zoom dan tentu saja gratis untuk digunakan. Tertatik untuk mencobanya? silahkan kalian gunakan ketika kalian sudah merasa bosah atau khawatir tentang Zoom. Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian untuk berbagi informasi dan ilmu ini.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>