Aplikasi untuk Membuat Bootable Flashdisk

aplikasi untuk membuat bootable flashdisk

Salah satu alasan kenapa bootable flashdisk lebih banyak dipilih daripada bootable DVD adalah saat ini tidak semua laptop menggunakan CD-ROOM, bahkan laptop terbaru sudah tidak menggunakan hardware tersebut.

Untuk itu, sebagai pengguna komputer ataupun laptop, bisa membuat bootable sudah menjadi kewajiban. Hal tersebut menjadi penting agar Anda tidak perlu ke tempat service karena bisa melakukannya sendiri.

Belum lagi, saat ini sudah tersedia banyak sekali aplikasi untuk membuat bootable flashdisk. Tentu, dengan adanya aplikasi ini, Anda akan lebih mudah dalam membuat bootable flashdisk.

Aplikasi Membuat Bootable Flashdisk

Jika saat ini Anda sedang bingung dalam memilih aplikasi membuat bootable flashdisk terbaik, tenang saja. Rekomendasi di bawah ini bisa Anda gunakan dalam pembuatan bootable.

1. Rufus

Menurut admin pribadi, Rufus merupakan aplikasi untuk membuat bootable flashdisk terbaik. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pengguna Rufus di OS Windows.

Terlepas dari banyaknya penggunya, penggunaan Rufus juga terbilang sangat mudah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat panduannya di cara menggunakan Rufus untuk membuat bootable.

2. UNebootin

Bagi pengguna Linux, mungkin sudah pernah menggunakan UNebootin saat membuat bootable flashdisk. Ya, aplikasi pembuat bootable yang satu ini memang lebih sering digunakan untuk membuat bootable Linux.

Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk menggunakannya dalam pembuatan bootable Windows. Intinya, software yang satu ini mendukung beberapa OS seperti Windows, Linux, dan iOS.

3. WiNToBootic

Sedang mencari aplikasi membuat bootable flashdisk yang tidak memberatkan kinerja laptop? Nah, cocok banget nih, WiNToBootic hanya memakan resouce yang terbilang kecil.

Sama halnya dengan UNebootin, WiNToBootic juga memiliki tampilan yang sangat sederhana. Dengan begitu, pengguna yang masih awam sekalipun tidak akan kebingungan dalam mengoperasikannya.

4. Novicorp WinToFlash

Tersedia dalam bentuk portable, Anda bisa menggunakan Novicorp WinToFlash tanpa harus menginstallnya. Hal ini akan membuat pekerjaan Anda sedikit lebih efektif.

Sayangnya, WinToFlash menyertakan iklan dalam aplikasinya. Untuk menghilangkan iklan tersebut, Anda harus mengunduh versi berbayar di situs resminya.

5. RMPrepUSB

Ketika membuka aplikasi RMPrepUSB untuk pertama kali, Anda akan mendapati tampilan yang sangat rumit. Tapi percayalah, hal tersebut tidak akan berlaku ketika Anda sudah menggunakannya sekali saja.

Bisa dilihat dari tampilannya, aplikasi untuk membuat bootable flashdisk yang satu ini memiliki banyak fitur. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan RMPrepUSB daripada yang lain.

6. YUMI

YUMI atau kepanjangan dari Your Universal Multiboot Installer adalah aplikasi yang sering digunakan untuk membuat bootable multiboot. Maksudnya, terdapat beberapa OS dalam 1 flashdisk.

Salah satu yang menjadi pembeda aplikasi YUMI dengan aplikasi membuat bootable flashdisk yang lain adalah proses formatnya. Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan Anda.

7. WinSetupFrom USB

Ketika membuka WinSetupFrom USB, mungkin kita akan sedikit teringan dengan Rufus. Ya, tampilan aplikasi ini memang cukup mirip dengan Rufus meskipun dari segi fitur sudah berbeda.

Sama halnya dengan YUMI, Anda juga bisa menggunakan WinSetupFrom USB untuk membuat multiboot bootable flashdisk. Pokoknya, aplikasi pembuat bootable ini cocok untuk dicoba.

8. Windows 7 USB/DVD Download Tool

Meskipun namanya Windows 7 USB/DVD Download Tool, Anda tetap bisa kok membuat bootable untuk Windows 8 ataupun Windows 10. Jadi, aplikasi ini bukan terbatas untuk Windows 7 saja ya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa membuat bootable flashdisk dengan mudah dan cepat. Jika ingin menggunakan media DVD, Anda juga bisa memakai aplikasi ini.

9. UltraISO

Selain untuk mengekstrak file ISO, ternyata UltraISO juga bisa digunakan untuk membuat bootable loh, baik itu bootable USB flashdisk maupun bootable CD/DVD.

Untuk membuat bootable dengan UltraISO, caranya juga tidak sulit. Bahkan menurut beberapa orang, UltraISO lebih mudah digunakan daripada aplikasi pembuat bootable flashdisk lain. Tapi ya sesuai selera sih.

10. Windows Bootable ISO Creator

Rekomendasi aplikasi untuk membuat bootable flashdisk yang terakhir adalah Windows Bootable ISO Creator. Menjadi ciri khas Windows, aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah dipahami sehingga user friendly.

Selain itu, aplikasi ini memiliki ukuran yang terbilang kecil. Jadi, untuk Anda yang memiliki perangkat dengan hardisk yang hampir penuh, Windows Bootable ISO Creator sangat cocok untuk digunakan.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>