6 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Terbaru 2021

Bisnis online sekarang kian menjamur apalagi saat pandemi ini. Dalam urusan jual beli misalnya, banyak dari pedagang yang mengalihkan aktivitasnya ke online. Anda tentunya sudah sering mendengar kan, banyak para pebisnis online yang meraup untuk menggiurkan tanpa perlu membuka lapak secara fisik

Apakah Anda hendak memulai bisnis online dan sedang mencari beberapa panduan tentang bagaimana cara menjalankannya dari nol tanpa modal? Jika iya tentunya Anda tidak sendirian dan saat ini berada di tempat yang tepat. Memulai bisnis online saat ini memang sudah menjadi pilihan banyak orang dalam mendapatkan uang. Selain dengan bekerja, kalian juga bisa memulai bisnis online untuk usaha sampingan.

Pasti tidak sedikit dari Anda yang tertarik untuk ikutan terjun bisnis online. Namun, Anda masih bertanya-tanya. “bagaimana ya cara memulai bisnis online dari nol?” berikut ini adalah bagaimana cara memulai bisnis online dari nol sampai bisa meraup keuntungan secara besar.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal

Untuk cara memulai bisnis online meskipun mudah tetapi sebetulnya tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Ada cukup banyak proses yang perlu untuk Anda lalui. Dengan melalui beberapa proses berikut ini secara satu persatu, maka bisnis online Anda tak hanya lahir saja, akan tetapi juga dapat bertahan dan tumbuh menjadi bisnis online yang besar.

Setiap yang besar tentunya dimulai dari yang kecil. Ini sudah menjadi hukum alam. Begitu pula dengan bisnis, bisnis online yang besar tentunya dimulai dari yang kecil.

Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk memulai bisnis online dari nol.

1. Memulai dengan Mindset Bisnis Online yang Benar

Untuk memulai bisnis online cara yang pertama yang harus Anda lakukan yaitu memiliki mindset bisnis online yang benar. Mindset ini sudah kami tempatkan di posisi pertama sebab hal yang paling penting di dalam bisnis online. Sebab mindset ini merupakan sebuah pondasi dalam melakukan sesuatu.

Jika mindset nya benar, maka untuk langkah-langkah berikutnya juga akan benar. Jika dari mindsetnya sudah salah, maka untuk langkah-langkah selanjutnya bagaimana mau benar. Tidak hanya itu dengan adanya mindset yang benar tentang bisnis online ini, sekalipun Anda mengalami kegagalan, maka kegagalan itu akan membuat Anda terpuruk.

Dengan adanya mindset yang benar, ketika Anda mengalami kegagalan dalam bisnis, Anda akan segera bangun dan juga memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dapat menyebabkan Anda jatuh. Dan ketika Anda tidak memiliki mindset bisnis online yang benar, sekali Anda jatuh, maka selamanya Anda akan terus terpuruk dan menyalahkan keadaan. Kondisi seperti ini dapat diubah jika Anda bisa mengubah mindset Anda.

2. Meminta Pendapat Kepada Keluarga atau Orang yang Sudah Ahli

Setelah Anda memiliki mindset bisnis yang benar, sebaiknya Anda melakukan riset produk apa saja yang banyak diminati dan dicari oleh masyarakat saat ini. Boleh yang memang sedang ngetren atau memang jenis produk yang selalu dibutuhkan oleh banyak orang.

Anda dapat memulai riset ini pada saat berkumpul dengan teman atau keluarga. Dengarkan apa yang biasa mereka utarakan tentang produk yang tengah ramai diperbincangkan. Cari tahu di mana Anda bisa mendapatkan produk yang banyak dicari oleh orang.

Termasuk juga untuk mendapatkan supplier yang bisa memberi harga termurah. Anda juga harus bisa memahami kebutuhan public di tahap awal ini. Ingat, produk yang akan dijual nanti merupakan produk yang dibutuhkan banyak orang, bukan sebab Anda suka dan lalu ingin menjualnya.

3. Menentukan Target Marketing

Setelah Anda sudah memiliki mindset bisnis dan meminta saran kepada ahlinya, langkah berikutnya dalam memulai bisnis online yaitu dengan menentukan siapa yang akan menjadi target market Anda. Faktanya, terdapat beberapa orang yang terlalu terburu-buru untuk menentukan apa yang akan dia jual. Di dalam 10 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Terbaru 2021.

pikirannya hanya terdapat pertanyaan apa yang bisa dijual lewat internet?. Jadi dengan menentukan target marketing ini Anda dapat memudahkan untuk jualan di daerah manapun dengan sistem yang berbeda-beda.

4. Menentukan Model Bisnis dengan Tepat

Mindset sudah, saran ke keluarga sudah, target marketing juga sudah. Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis online yaitu dapat menentukan model bisnis yang tepat sesuai dengan target market Anda tersebut. Dengan Anda sudah menentukan model bisnis dengan tepat maka akan dengan mudah bisnis ini menjadi berkembang sangat pesat.

5. Menyiapkan Produk atau Layanan

Setelah cara 1 sampai 4 sudah Anda lakukan, selanjutnya yaitu menyiapkan produk atau layanan. Misalnya pada cara ini Anda memilih jualan online, maka yang perlu untuk Anda persiapkan tentu saja sebuah produk.

Cara mendapatkan produk ini bisa dilakukan melalui 3 cara, diantaranya:

  • Membuat produk sendiri
  • Membeli produk dari orang lain lalu menjualnya lagi
  • Memakai sistem dropship, mengambil produk dari orang lain, tanpa perlu memiliki stok.

6. Pemasaran

Setelah Anda sudah memutuskan produk apa yang ingin Anda gunakan untuk memulai bisnis online. Langkah selanjutnya pemasaran, untuk pemasaran ini ada bisa membuat website, katalog, landing page. Tujuan dari pemasaran ini adalah sebagai media untuk mengkomunikasikan apa yang Anda tawarkan. Jika di bisnis konvensional, website ini adalah sebuah toko atau etalase.

Dengan membuat website ini orang dapat membaca penawaran Anda, melihat visualisasi dari produk atau layanan Anda dan melakukan aksi yang Anda harapkan.

Dengan memulai bisnis online memang perlu dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Sebab Anda harus dapat membagi waktu antara pekerjaan utama dengan bisnis sampingan ini.

Dan salah satu yang terpenting ketika Anda usaha bisnis online yaitu dengan adanya aplikasi kasir. Aplikasi ini sebab untuk keperluan pencatatan finansial bisnis Anda.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>